Kehadiran LRT di Palembang Bakal Jadi Kebanggaan Masyarakat Pekerja memeriksa gerbong Light Rail Transit (LRT) di Depo LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

MerahPutih.Com - Palembang menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang pertama kali memiliki kereta api ringan (LRT). Kehadiran LRT menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Selatan karena angkutan massal modern itu.

"Bukan itu saja, kereta api ringan Palembang merupakan yang pertama di Indonesia sehingga akan menjadi percontohan, "kata Menteri Budi Karya di Palembang, Minggu (27/5).

Menteri Perhubungan berada di Sumsel untuk menhadiri serangkaian Dialog Kebangsaan dan memberikan bantuan bus untuk Unsri Palembang sekaligus meninjau perkembangan kereta api ringan atau LRT.

LRT tiba di Palembang
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang tiba di depo LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan Dua rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang diuji coba dinamis dari depo LRT menuju stasiun LRT Jakabaring, untuk memastikan kondisi kelistrikan LRT dalam keadaan baik.( ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Lebih lanjut Menteri yang akrab disapa BKS itu mengatakan, masyarakat patut bangga karena pemerintah pusat memberikan dana cukup besar dalam membangun jalur dan pengadaan kereta api listrik tersebut.

"Infrastrukturnya hampir rampung dan rel sudah dipasang,"ujar Menhub BKS.

Kereta listrik itu merupakan angkutan massal yang sangat dibutuhkan di perkotaan.

"Apalagi suatu kota yang modern membutuhkan angkutan massal tercanggih seperti LRT, "ujar menteri.

Bahkan, LRT diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat dalam penggunaan transportasi.

LRT di Jakabaring
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melewati stasiun OPI Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Namun, lanjut dia, adanya kereta api ringan di daerah ini karena Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Sehubungan itu pihaknya minta agar pesta olahraga internasional itu harus didukung bersama sehingga perlangsung sukses.

Sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara sebagaimana dilansir Antara mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya agar Asian Games berlangsung sukses.

Semua pihak harus menjaga keamanan supaya pesta olahraga akbar itu berlangsung sukses, tambahnya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hasil Survei Pasangan Hasanah Diprediksi Jadi Kuda Hitam pada Pilgub Jabar



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH