Kegiatan Daring yang Bisa Bikin Recharge Uang Jajan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Minggu, 18 Desember 2022
Kegiatan Daring yang Bisa Bikin Recharge Uang Jajan
Ada berbagai pekerjaan daring yang bisa kamu jalani untuk dapat uang jajan tambahan. (Foto: Pexels/Antoni Shkraba)

AKHIR tahun selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Ada tiga momen asyik: libur panjang, hari Natal, dan Tahun Baru. Tiga momen ini adalah saat yang tepat untuk berpelesir atau menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Sayangnya, selain membawa kesenangan, akhir tahun juga bisa jadi momen yang sulit untuk dompet sejumlah orang. Menurut laman CED Commerce, pada akhir tahun banyak orang menghabiskan uangnya untuk membeli kado, menebus barang baru bagi diri sendiri, atau berburu diskon.

Akibatnya, pengeluaran jadi membludak. Jika tidak direncanakan dengan baik, bukan tak mungkin dana pribadi dan uang jajan jadi ikut terpotong. Nah, supaya kamu tetap bisa jajan makanan favoritmu setelah lewat tahun baru, tentunya kamu harus mulai mengumpulkan pundi-pundi lagi.

Menurut laman Dollar Sprout, ada beberapa kegiatan daring yang bisa menghasilkan uang, loh. Opsi ini cocok untukmu yang punya waktu senggang di rumah dan ingin menambah sedikit uang jajan.

Baca juga:

Recharge Energi Setelah Begadang Nonton Piala Dunia 2022

recharge uang jajan
Salah satu cara yang cukup mudah untuk dijalani adalah mengerjakan survei di berbagai platform dan website. (Foto: Pexels/Vlada Karpovich)


1. Mengisi Survei Daring


Saat ini, ada berbagai platform dan website yang membuka jasa survei secara daring. Survei ini biasanya disebar oleh perusahaan dan diisi oleh masyarakat yang sesuai kriterianya.

Hadiah dari sekali pengisian survei ini biasanya beragam mulai dari beberapa ratus perak hingga belasan ribu rupiah, tergantung pada platformnya.


2. Berjualan di Berbagai Platform


Sudah jadi rahasia umum bahwa saat ini ada banyak platform untuk menjual sesuatu secara daring. Mulai dari e-commerce (niaga-elektronik) sampai media sosial.

Jika suka memasak sesuatu, kamu bisa mencoba berjualan kue kering atau lauk pauk. Kamu juga bisa juga menjadi seorang dropshipper. Kegiatan ini akan membantumu dapat uang jajan dengan modal awal yang sedikit.

Baca juga:

Recharge Diri Setelah Cheating Day

recharge uang jajan
Kamu juga bisa menjual karya tulisan, foto, desain, dan audio yang kamu hasilkan. (Foto: Pexels/Ivan Samkov)


3. Bekerja Freelance


Ini bisa jadi kesempatan bagimu yang punya kemampuan khusus. Misalnya di bidang menulis artikel, menulis cerpen, proofreading, editing foto, atau voice over.

Ada berbagai platform yang biasanya menjadi tempat berkumpul para freelancer. Di aplikasi dan website ini, kamu bisa menawarkan jasa beserta harganya dan calon pelanggan akan memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


4. Menjual Karya Foto


Kamu mungkin pernah mendengar atau mengakses website khusus yang menyediakan foto-foto gratis, seperti Pexels dan Unsplash. Meski bisa diunduh secara gratis, nyatanya website itu tetap membayar royalti, loh, pada fotografer mereka.

Nah, jika kamu punya bakat atau passion di bidang fotografi, kamu bisa mencoba menjual hasil karyamu supaya tidak hanya menganggur di galeri. (mcl)

Baca juga:

Ubah Kamar Tidur untuk Recharge Diri Jadi Lebih Nyaman

#Desember Charger Warga +62
Bagikan
Bagikan