Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan di Pantai Pangandaran Pantai Pangandaran yang elok. (Foto: instagram.com/zulpian1284)

PANTAI Pangandaran mengambil nama desa tempat pantai ini berada, yaitu Desa Pangandaran. Pantai ini tak hanya menyedot wisatawan lokal, tapi juga luar daerah hingga wisata mancanegara.

Pantainya sangat bagus dengan beragam kegiatan wisata selain berenang. Kini pemerintah Jabar tengah mendorong agar Pantai Pangandaran masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang kepariwisataan.

Desa Pangandaran awalnya bernama Pananjung Pangandaran. Pananjung untuk menyebut sebuah tanjung di daerah pantai. Tanjung tersebut sebagai benteng alam bagi para nelayan dari gelombang tinggi di daerah pantai. Sementara nama "pangandaran" sebagai sebutan para nelayan bahwa wilayah itu sebagan tempat bersandar yang dalam bahasa setempat disebut "andar".

Buat kamu yang akan berwisata di Pangandaran, berikut ini kegiatan wisata di Pantai Pangandaran;

1. Kawasan pantai yang aman dan nyaman

pantai pangandaran
Pantai Pangandaran yang aman untuk direnangi. (Foto: instagram@tanr_)

Pantai Pangandaran merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin berenang. Pantainya landai dan sangat aman baik untuk dewasan maupun anak-anak. Ombaknya juga termasuk aman buat kamu para perenang pemula.


2. Bersepeda mengelilingi kawasan pantai dan pemukiman

Pengunjung bersepeda di Pantai Pangandaran. (Foto: instagram.com/dhanirfauzi)
Pengunjung bersepeda di Pantai Pangandaran. (Foto: instagram@dhanirfauzi)

Nah, buat kamu yang ingin berkeliling kawasan Pantai Pangandaran, kamu bisa menyewa sepeda. Terutama pada malam hari, banyak wisatawan menikmati keramaian pantai dengan berkeliling di jalan-jalan pinggir pantai, kawasan belanja, hingga kawasan pemukiman.


3. Berwisata kuliner yang tak boleh dilewatkan

Hidangan seafood di Pantai Pangandaran. (Foto: instagram.com/gilaseafoods)
Hidangan seafood di Pantai Pangandaran. (Foto: instagram@gilaseafoods)

Tak lengkap kalau berlibur di Pantai Pangandaran tanpa mencicipi sajian kulinernya. Pantai Pangandaran terkenal dengan menu-menu seafood yang menggunakan hasil laut segar dari para nelayan setempat. Di sana juga terdapat pasar ikan dan deretan rumah-rumah makan. Buat kamu yang ingin bersantai, ada juga menu-menu streetfood (jajanan jalan) tanpa melulu makanan utama.


4. Trekking di kawasan cagar alam yang tak jauh dari pantai

Pantai di kawasan cagar alam Pangandaran. (Foto: instagram.com/kepangandaran)
Pantai di kawasan cagar alam Pangandaran. (Foto: instagram.com/kepangandaran)

Tak hanya berenang, inilah kelebihan dari kawasan Pantai Pangandaran. Buat kamu yang suka trekking, cobalah menyusuri pantai menuju kawasan cagar alam. Letaknya terdapat di Ujung Tanjung. Di dalamnya kamu bisa berpetualang menuju ke gua, menikmati suasana hutan pantai, hingga melihat hewan-hewan liar di sana.


5. Sempatkan untuk berbelanja kerajinan khas lokal

pangandaran
Tak ada salahnya membeli satu-dua oleh-oleh dari Pangandaran. (Foto: instagram@asriclothingco)

Wisata belanja juga menjadi pilihan bagi para wisatawan ke Pantai Pangandaran. Tempatnya dibikin senyaman mungkin buat para pelancong. Berada di pinggir pantai, banyak para penjual pakaian dan kerajinan tangan khas Pangandaran yang selalu ramai pembeli. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Soto Pangandaran Sajian Khas Paling Nikmat dengan Tampilan Pink

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH