Kedigdayaan Rowing di SEA Games 2021 Bukti Pembinaan Berkualitas

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 14 Mei 2022
Kedigdayaan Rowing di SEA Games 2021 Bukti Pembinaan Berkualitas
Ferdiansyah/Denri Maulidzar Al Cibiffari usai mendapat emas di nomor Men’s Pair di Haipong Canoeing and Rowing Training Center, Sabtu (14/05). Kredit foto: NOC Indonesia/PB PODSI

MerahPutih.com - Tim Rowing Indonesia membuktikan kedigdayaan dalam persaingan Asia Tenggara. Hal ini terlihat jelas setelah rowing sukses menjaga status juara umum SEA Games sejak 2013.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono memuji untaian prestasi yang dicapai rowing. La Memo dkk membawa pulang 8 emas dan 5 perak dan dengan hasil tersebut rowing Indonesia menahbiskan diri sebagai juara umum.

Baca Juga

Ungguli Vietnam dan Thailand, Regu Putra Amankan Medali Emas dari Rowing

“Sebagai Chef de Mission, saya sangat bangga dengan prestasi yang telah dicetak rowing. Selain menjadi penyumbang emas pertama untuk Indonesia, rowing juga mengakhiri perjalanan di SEA Games dengan luar biasa dengan tampil sebagai juara umum,” kata Ferry dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (14/5).

Tim Rowing Indonesia pertama kali menjadi juara umum di SEA Games sejak 2013 di Myanmar. Kala itu, Merah Putih membawa pulang 5 emas, 1 perak, 3 perunggu. Untaian tersebut terjadi lag ketika di Singapura (2015) dengan 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Duet atlet rowing Indonesia, Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan, meraih medali emas pada nomor men's lightweight pair SEA Games 2021 Vietnam. Foto: NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono


Pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, rowing tidak dipertandingkan. Namun demikian, rowing pun masih mampu mempertahankan dominasinya ketika turun di SEA Games 2019 Manila dengan 3 emas dan dua perak.

Ketangguhan tersebut terjaga lagi di Tanah Naga Biru. Sumbangan 4 emas dan 1 perak pada hari terakhir perlombaan rowing menjadi sumbangan luar biasa bagi Merah Putih.

Baca Juga

SEA Games 2021: Rowing Kembali Tambah Satu Emas dan Perak

Emas diberikan pasangan Ferdiansyah/Denri Maulidzar Al Cibiffari yang turun di nomor Men’s Pair (M2), Ihram di Men’s Lightweight Single Sculls (LM1X), Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan di nomor Men’s Lightweight Pair (LM2-), sertaMemo/Edwini Ginanjar/Rifqi Harits Taufiqurrahman/Sulpianto yang turun di Men’s Quadruple Sculls (M4X). Sedangkan perak diberikan Melani Putri/Mutiara Rahma Putra di nomor Lightweight Women’s Double Sculls (LW2X).

“Ini juga menjadi bukti bahwa pembinaan yang telah dijalankan oleh Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) berjalan dengan baik. Mereka tak sekadar mendominasi di Asia Tenggara saja, tetapi juga memiliki peta jalan dalam persaingan tingkat kontinental dan dunia,” tambah Ferry.

Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri meraih medali perak (Kredit: PB Podsi)
Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri meraih medali perak (Kredit: PB Podsi)

Lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) ini berharap raihan manis yang didapat rowing dapat dilanjutkan di cabang olahraga kano, yang juga masuk dalam pembinaan PB PODSI. Sebagai informasi, kano akan memulai perjuangan di SEA Games Vietnam pada 17-21 Mei.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media. (*)

Baca Juga

Target Terlampaui, Tim Rowing Indonesia Panen Medali Emas SEA Games

#Breaking #SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan