Kedekatan Irjen Listyo Prabowo dengan Jokowi Bermula saat Bertugas sebagai Kapolres Surakarta Kabareskrim Polri Irjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. ANTARA/HO-Humas Polri

MerahPutih.com - Irjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo ditunjuk mengisi jabatan Kabareskrim Polri yang sudah kosong kurang lebih satu bulan. Sigit menggantikan Idham Azis yang kini diangkat Jokowi menjadi Kapolri.

Penunjukan Irjen Listyo Sigit menjadi Kabareskrim tertuang dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019). Telegram itu dikonfirmasi oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Baca Juga:

Irjen Sigit Listyo Jabat Kabareskrim Polri

Merunut dari tahun 2011, Listyo Sigit pernah menjabat sebagai Kapolres Surakarta di mana saat itu wali kotanya adalah Joko Widodo.

Irjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Irjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman

Hubungan antara Jokowi dan Listyo tak berhenti di situ. Saat Jokowi terpilih menjadi Presiden di 2014, Listyo Sigit dipercaya menjadi ajudannya.

Dua tahun berselang, Listyo Sigit kembali mendapat promosi. Dengan pangkat brigadir jenderal polisi, Listyo Sigit dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten.

Sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit sempat mengamankan Pilgub Banten 2017 dan Pilkada serentak 2018. Listyo Sigit bertugas sekitar 2 tahunan sebagai Kapolda Banten.

Baca Juga:

Kapolri Sebut Irjen Gatot Eddy Pantas Balik ke Mabes, Sinyal Jadi Kabareskrim?

Pada 2018, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu anggota yang mendapatkan promosi jabatan di lingkungan Polri.

Presiden Joko Widodo. (FB Presiden Joko Widodo)
Presiden Joko Widodo. (FB Presiden Joko Widodo)

Dia diangkat menjadi Kadiv Propam menggantikan Irjen Martuani Sormin yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua. Dia juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi inspektur jenderal polisi.

Kini, Irjen Listyo Sigit dipercaya menjadi Kabareskrim yang baru. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat Idham Azis yang kini diangkat Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Tito sebelumnya ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Dalam Negeri. (Knu)

Baca Juga:

Ini Kata Jenderal Idham Azis soal Calon-Calon Kabareskrim


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH