Kedai Kopi Bernuansa Vintage ala Inggris ini Instagenic, Adanya di Sleman Cafe Brick. (Foto: MP/Teresa Ika)

ADA yang unik di tepi Jalan Damai, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah kafe mirip kafe-kafe vintage di Inggris hadir di sana. Tempatnya Instagenic banget.

Terlalu sayang bila Anda tak menyempatkan diri mampir untuk ngopi dan mengambil foto selfie untuk dipamerkan di Instagram.

Suasana di dalam Cafe Brick. (Foto: MP/ Teresa Ika)

Dari parkiran saja, Anda sudah disuguhi suasana vintage ala Kota London. Bangunan bertingkat dua dirancang ala rumah-rumah Indische di Eropa. Temboknya sengaja dibuat dari tumpukan batu bata merah kecokelatan.

Jalan masuknya disulap seperti jalanan di London, lengkap dengan petunjuk arah dan phone box merah yang diletakkan di sisi timur dekat pintu masuk.

Jalan sedikit ke arah timur, deretan ruangan dengan pintu warna-warni bakal membuat pengunjung tidak sabar buat selfie dan narsis. Sebuah Vespa antik yang sengaja diparkir di antara pintu-pintu pelangi ini akan menambah kesan Anda benar-benar sedang berada di Eropa.

Ada juga sebuah sepeda dengan keranjang kecil di depannya bikin foto Instagram anda semakin ciamik. Deretan pintu dan Vespa jadul ini akan mengingatkan anda pada suasana romantis di Roma, Italia.

Masuk ke dalam kafe yang dibuka pada awal tahun 2017 ini, pengunjung makin merasa seperti di London. Desain dan furnitur ruangannya di set ala Scandinavia retro. Tengok ke kanan sedikit, ada sebuah perapian yang dilengkapi sofa dan tempat duduk dengan motif bendera Inggris.

Di atasnya diletakkan piringan hitam dan alat pemutar yang berbentuk seperti terompet, lengkap dengan radio lawas dan sertifikat-sertifikat penghargaan. Di samping perapian ada tiang tempat menggantung mantel, topi atau jas hujan. Perapian ini jadi salah satu spot selfie yang instagramable.

Jejeran kursi dan meja kayu dipadu wallpaper bendera Inggris akan menemani Anda menyeruput kopi di lantai dasar. Beberapa radio dan telepon jadul sengaja diletakkan di atas meja untuk mempermanis foto instagram anda.

PIndah ke lantai dua, desain ruangan terasa seperti di dalam rumah keluarga Inggris. Beberapa sofa ala Scandinavia dan televisi tua diletakkan di sudut kanan ruangan untuk menimbulkan rasa homey. Tak jauh dari sofa tersebut, disediakan rak buku mini untuk menimbulkan suasana ruangan keluarga. Uniknya ada sebuah motor klasik di gantung di langit-langit diatas tangga antara lantai dua dengan lantai satu.

Suasana British ini semakin dilengkapi dengan sederet menu Eropa, mulai dari sandwich, burger, steak, pasta dan salad. Bila tak suka menu Eropa, Anda bisa mencoba menu Asia seperti nasi goreng, tom yam, kuetiaw dan sop buntut.

Puas makan, menu minuman yang bervariasi mulai dari smoothies, mojito, jus, teh, green tea latte, red veltet tea dan susu akan melegakkan tenggorokan anda. Untuk kopi, menu yang disajikan tak kalah beragam. Ada Ammericano, expresso, mocachino, serta cappuccino dalam bentuk es, hangat, latte hingga cold brew.

Bagi Anda yang tak mau makan berat dan sekadar nongkrong, bisa mencoba camilan seperti chicken wings, calamari rings, nachos, kentang goreng dan sup.

Menu makanan utama dibanderol dari harga Rp 32 ribu hingga Rp 154 ribu. Camilan dipatok dengan harga mulai dari Rp 27 ribu. Menu-menu minuman dan kopinya pun tak akan membuat kantong anda kempes karena dibanderol mulai dari Rp 20 ribu.

Kelebihan nongkrong di kafe ini, Anda bisa puas menggunakan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi. Banyak pula tempat untuk mengisi ulang ponsel atau laptop. Anda yang membawa mobil tak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir, karena kafe ini menyediakan tempat parkir yang sangat luas dan mampu menampung puluhan mobil. Selain itu, kafe ini buka 24 jam non stop. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan mesin gesek. Jadi Anda tak perlu takut kehabisan uang.

Tak ada transportasi umum yang menjangkau langsung ke kedai kopi bernama Café Brick ini. Dari Stasiun Tugu atau Lempuyangan, Anda sebaiknya naik kendaraan pribadi. Waktu tempuhnya sekitar 15-25 menit dari dua tempat tersebut atau dari Malioboro Yogyakarta. Sementara dari Bandara Adisutjipto, perjalanan menuju Café Brick ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kendaraan pribadi. Selamat mencoba! (*)

Artikel ini dibuat berdasarkan laporan Teresa Ika, kontributor Merahputih.com wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dapatkan rekomendasi resto lain pada artikel Jungkir Balik di Cafe Hammock Plus Tangerang.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH