Headline

KAKI Tuding Ada Kecurangan dalam Program Rumah DP Rp0 Anies-Sandi

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 21 Februari 2018
KAKI Tuding Ada Kecurangan dalam Program Rumah DP Rp0 Anies-Sandi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Meresmikan Groundbreaking Rumah DP 0 Persen. (Foto: Instagram@aniesbaswedan)

MerahPutih.com - Program rumah DP Rp0 yang digagas Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswesan-Sandiaga Uno dituding ada kecurangan. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI), Arifin Nurcahyono.

Oleh karena itu, Arifin melaporkan kasus ini kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada Rabu (21/2). Ia datang bersama dengan seorang rekannya.

"Kami mau bertemu dengan bagian pengaduan dulu," kata Arifin kepada wartawan di Gedung KPPU, Jakarta.

Menurutnya, proyek hunian tanpa uang muka tersebut banyak kejanggalan. Salah satunya adalah penunjukkan PT Totalindo Eka Persada Tbk yang melalui proses tender sebagaimana mestinya.

KAKI menuding hal ini bentuk persengkokolan antara Dinas Perumahan Pemprov DKI Jakarta dengan pihak kontraktor. Oleh sebab itu, KAKI meminta KPPU memeriksa Proses penunjukan PT Totalindo Eka Persada sebagai kontraktor rusun DP Rp0.

Selain itu, KAKI menilai kinerja PT Totalindo Eka Persada Tbk tidak terlalu baik. Ia mencontohkan dalam pengerjaan proyek-proyek Rusunawa milik pemprov DKI Jakarta. Salah satunya proyek Rusunawa Nagrak di Marunda, Jakarta Utara.

Pembangunan 14 Tower Rusunawa Nagrak seharusnya sudah selesai pada Desember 2017 lalu. Tetapi, sampai sekarang prosesnya belum juga selesai.

Berdasarkan bukti tersebut, KAKI akan melaporkan kedua belah pihak ke KPPU karena diduga menyalahi UU Persaingan Usaha no 5 tahun 1995 terkait tender. KAKI juga akan melaporkan kasus pembangunan Rusunawa Nagrak ke KPK.

"KAKI meyakini adanya mark-up di kedua tender tersebut," pungkasnya.(*)

#RUmah DP 0 Persen #Anies Baswedan #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan