Kecilkan Pori-Pori Kulit Wajah dengan Bahan Alami Dengan 5 bahan alami ini bisa membuat pori-pori wajah kamu mengecil. (Foto: Pixabay/Mjps)

PORI wajah yang besar sebenarnya tidak masalah. Hanya saja agak mengganggu penampilan, khususnya pada perempuan. Bantuan yang didapat biasanya dengan memoleskan kosmetik menutupi dan menyamarkan pori-pori itu.

Ada cara alami yang dapat dipakai untuk mengecilkan pori-pori di wajah itu. Kebanyakan bahannya sudah ada di rumah.

Baca Juga:

4 Hal Ini Ternyata Buat Kulitmu Cepat Berkerut


1. Madu

pori
Mampu mencerahkan kulit wajah. (Foto: Pixabay/Stevepb)

Madu baik sebagai pelembap alami wajah. Madu juga dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sifat madu yang agak lengket terkadang membuat orang enggan menggunakannya. Jangan khawatir cuma butuh satu sendok makan yang dioleskan pada wajah. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Cuka apel

pori
Mampu mengangkat sel kulit mati. (Foto: Pixabay/rawpixel.com)

Cuka apel dengan kandungan zat asamnya dipercaya mampu membantu meregenerasi kulit termasuk mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Fungsi cuka apel layaknya toner bagi wajah. Yang harus kamu tahan adalah rasa perih sedikit ketika menggunakannya. Hanya butuh satu sendok makan cuka apel dan segelas air. Campuran itu digunakan dengan memakai kapas yang dioleskan rata ke seluruh wajah.

3. Minyak zaitun

pori
Melindungi sel sel kulit agar tidak rusak. (Foto: Pixabay/Stevepb)

Minyak yang memiliki banyak khasiat itu mengandung zat linoleic acid, yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Selain itu minyak zaitun juga kaya polifenol yakni zat antioksidan yang membantu untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Hanya cukup mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan maduk dan pakai layaknya masker.

Baca Juga:

Pertolongan Pertama Pada Iritasi Kulit


4. Air bilas beras

pori
Melindungi dan memgecilkan pori-pori. (Foto: Pixabay/Imageparty)

Jangan buang air bekas mencuci beras terutama bilasan pertama karena mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Air bekas bilasan beras itu biarkan sampai mengendap kemudian gunakan sebagai masker wajah.

5. Teh hijau

pori
Menangkal radikal bebas pada kulit. (Foto: Pixabay/Dukehas)

Sudah diketahui khalayak luas kalau the hijau mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Ini dapat membuat kulit melakukan regenerasi dengan baik. Sel-sel kulit mati akan terangkat pula yang dapat membantu mengecilkan pori-pori. Teh hijau biasanya ada dalam dua bentuk, daun dan bubuk. Kalau menggunakan daun cukup merendam di air panas selama 15 menit, tunggu sebentar biar agak dingin baru dioleskan di wajah. Sementara yang menggunakan bubuk buat menjadi pasta kemudian oleskan ke wajah. (Iel)

Baca Juga:

Acqua Spa Sabet Penghargaan Spa & Wellness Tourism Awards



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH