Kecilkan Perut Anda dengan 7 Cara Berikut! Banyak faktor yang membuat perut buncit. (Foto: pixabay/jarmoluk)

SELAIN dengan gerakan senam, cara mengecilkan perut bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi ramuan alami. Tapi supaya hasilnya lebih maksimal lagi, sebaiknya kombinasikan dengan diet makanan rebus.

Penyebab terbesar terjadinya penumpukan lemak pada bagian perut, umumnya disebabkan oleh terlalu banyak kalori dalam makanan yang dikonsumsi.

Sayangnya ketika kalori masuk kemudian tidak diimbangi oleh proses pembakarannya. Alhasil kalori pun terus menumpuk, salah satunya adalah di seputar perut.

Sebaiknya Anda wajib tahu cara menghitung kebutuhan kalori harian supaya tidak terjadi penumpukan. Bagi Anda yang sudah terlanjur perutnya membuncit, disarankan melakukan program diet, paling tidak penumpukan kalori Anda bisa menurun.

perut buncit
Makanan berlemak salah satu penyebab perut buncit. (Foto: pixabay/Joenomias)

Dari olahan berbagai sumber merahputih.com, mengungkapkan faktor dan cara membuat perut buncit menjadi kecil.

Faktor Penyebab Perut Buncit

Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah seharusnya Anda tinggalkan bila menginginkan bentuk perut yang bagus, bukan buncit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti:

1. Makanan berlemak

Makanan dengan lemak tinggi adalah jenis makanan yang sulit dicerna oleh usus. Butuh waktu lama untuk tubuh mencernanya. Ini yang lama kelamaan akan tertimbun di perut sehingga bentuk perut akan semakin buncit.

2. Makan banyak

Mengonsumsi makanan dengan jumlah yang berlebih juga bisa membuat perut menjadi buncit dengan cepat. Apalagi, ketika perut sudah kebanyakan isi, otomatis mata akan cepat mengantuk. Jika dituruti tidur bisa mempercepat perut berubah menjadi buncit. Selain itu, diperparah lagi dengan tubuh menjadi malas bergerak.

3. Ngemil di malam hari

Aktivitas ngemil di malam hari sebenarnya tidak apa-apa jika tidak dilakukan secara berlebihan. Jika kebiasaan ini tidak segera Anda hentikan, alhasil berat badan akan naik dengan drastis. Bukti yang paling nyata adalah perut Anda menjadi semakin buncit.

4. Kurang berolahraga

Sudah jelas olahraga membuat tubuh semakin sehat. Olahraga teratur bisa membantu mempercepat proses pembakaran kalori. Nah berarti jarang berolahraga menjadi salah satu faktor kenapa perut menjadi semakin buncit.

Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang terbilang efektif adalah dengan melakukan yoga. Bagi Anda yang tertarik, seperti inilah gerakan senam yoga yang cocok untuk mengecilkan perut.

1. Pavan Muktasan

Gerakan yoga Pavan Muktasan ini bisa dimulai dengan posisi berbaring dengan kedua kaki dilipat dari lutut. Setelah itu, satukan kedua tangan dan kaki. Lalu tekan kedua kaki sampai menyentuh perut kemudian angkat kepala sampai hidung menyentuh lutut atau mendekati. Tahan nafas sejenak. Kembali ke posisi semula.

2. Dhanurasan

Gerakan yoga Dhanurasan ini dimulai dengan posisi seperti ketika akan melakukan push up. Selanjutnya angkat lutut ke posisi atas lalu pergelangan kaki ditahan dengan menggunakan kedua tangan. Kemudian angkat tubuh ke atas sampai tubuh berbentuk lengkungan dengan perut yang masih tetap di lantai. Tahan posisi seperti ini selama 30 detik dan ulangi terus gerakannya secara teratur.

3. Bhujangansan

Ambil posisi push up lalu angkat tubuh bagian atas dengan kekuatan otot punggung dan juga tangan. Tahan posisi ini selama 30 detik juga. Ulangi gerakannya secara teratur.

yoga
Yoga dapat membantu membuat perut mengecil. (Foto: upaya-yoga)

4. Bandha Sarvangasana

Mulai dengan mengambil posisi berbaring terlentang. Kemudian tekuk lutut ke dalam agar supaya bisa menahan tubuh bagian bawah. Setelah itu, angkat tubuh ke atas dengan posisi kepala masih berada di lantai dan kedua tangan satukan di bawah tubuh. Lakukan gerakan Bandha Sarvangasana selama 30 detik. Selain itu, ulangi gerakan ini secara teratur.

Senam Aerobik Untuk Mengecilkan Perut

Cara mengecilkan perut buncit juga bisa Anda upayakan dengan melakukan senam aerobik. Bagi Anda yang tertarik melakukannya, berikut ini adalah 5 jenis senam aerobik untuk mengecilkan perut.

1. High Impact Aerobic

High Impact Aerobic ini merupakan jenis senam aerobik yang biasanya dilakukan dengan intensitas keras dan cepat. Seperti lompat vertikal dengan cara membuka kedua kaki menjauhi tubuh ke arah kiri maupun kanan, loncat (split, twist, power moves, loncat) dan mengangangkat lutut.

Oleh sebab itu, gerakan aerobik yang satu ini lebih cocok bagi Anda yang sudah terlatih. Risikonya sangat besar bagi pemula atau yang tidak terbiasa.

2. Low Impact Aerobic

Merupakan jenis senam aerobik yang memiliki intensitas ringan dan terkesan lambat. Beberapa contoh gerakan low impact dalam aerobik seperti langkah tunggal, langkah ganda, dan langkah segitiga atau V step.

aerobics
Melakukan senam aerobik baik untuk menjaga tubuh. (Foto: krishnasportsacademy)

3. Aerobic Sport

Aerobic Sport ini sebenarnya merupakan salah satu jenis dalam aerobik yang mengasah kelenturan tubuh. Gerakannya pada dasarnya merupakan gabungan dari gerakan High Impact dan juga Low Impact Aerobic. Manfaatnya selain mengecilkan perut buncit juga melatih kelenturan otot tubuh.

4. Discorobic/Rockrobic

Gerakan Discorobic dan Rockrobic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gerakan yang ada pada Aerobic Sport. Merupakan kombinasi antara hentakan gerakan senam yang keras dan bersemangat dengan gerakan senam yang ringan. Perbedaannya sebenarnya hanya pada musik yang dipakai sebagai pengiring gerakannya. Tapi manfaatnya, sama yakni mengecilkan perut yang buncit. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH