Kecerdasan Emosional Bisa Buat Kamu Dilirik Perusahaan

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 18 Juni 2020
Kecerdasan Emosional Bisa Buat Kamu Dilirik Perusahaan
Kecerdasan emosional mempengaruhi dunia kerja. (Foto: Unsplash/Nik MacMillan)

DALAM merekrut calon pegawai, sebuah perusahaan kini tak hanya melihat pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan saja. Kecerdasan emosional kini menjad salah satu penilaian mereka dalam mempertimbangkan untuk merekrut, mempromosikan atau mengembangkan karyawannya.

Penelitian yang dibuat oleh Harvard Unversity di Wiley Online Library menyatakan ada empat kecerdasan emosional yang dapat menunjang kinerja seseorang di perusahaan dan meningkatkan performanya.

Baca Juga:

Disenangi Rekan Kerja, Zodiak Ini Miliki Etos Kerja Paling Mengagumkan

1. Memiliki kesadaran diri yang tinggi

kerja
Kesadaran diri mempengaruhi emosi. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Kesadaran diri yang baik mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyesuaikan emosi mereka. Dengan mengenali diri secara baik kita bisa mengetahui apa yang kita rasakan, mengapa perasaan tersebut muncul, dan bagaimana perasaan tersebut dapat membantu pekerjaan kita atau justru menghancurkan yang sedang kita lakukan.

2. Manajemen diri

kerja
Mengenal diri sendiri dapat menaikan karier. (Foto: Pexels/energepic.com)

Manajemen diri adalah kemampuan untuk menjaga emosi yang mengganggu dan mengontrol gejolak impusif yang mungkin muncul. Ini merupakan keterampilan utama yang wajib dimiliki para pemimpin, terutama di masa krisis. Itu karena orang-orang akan mencari mereka untuk jaminan atau melindungi mereka sementara mereka harus tetap bersikap tenang.

Baca Juga:

3 Tips Lawan Kantuk saat Jam Kerja, Dijamin Ampuh!

3. Kepekaan Sosial

kerja
Mampu menafsirkan emosi orang lain. (Foto: Pixabay/Anemone123)

Kepekaan sosial menunjukkan ketepatan dalam membaca dan menafsirkan emosi orang lain, seringkali melalui isyarat non-verbal. Mereka yang memiliki kepekaan sosial mampu berhubungan dengan berbagai jenis orang, mendengarkan dengan penuh perhatian serta membangun komunikasi secara efektif.

4. Manajemen hubungan

kerja
Bisa memotivasi orang lain. (Foto: Pexels/Christina Morillo)

Manajemen hubungan adalah seperangkat keterampilan interpersonal yang memungkinkan seseorang untuk bertindak dengan cara yang memotivasi, menginspirasi, dan menyelaraskan dengan orang lain. (avia)

Baca Juga:

Kerja Dari Rumah Bukan Berarti Leha-Leha!

#Pekerjaan #Rekan Kerja #Dunia Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan