Kecelakaan Sepeda Motor Raih Angka Tertinggi Ilustrasi kecelakaan: Twitter Divisi Humas Mabes Polri

MerahPutih Peristiwa - Kecelakaan lalu lintas yang berasal dari sepeda motor menduduki peringkat tertinggi di Indonesia, yaitu sebanyak 71 persen. Hal itu disampaikan oleh Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Cucu Mulyana.

"Kalau kita lihat dari data, sepeda motor sebanyak 71 persen dari usia 16-30 tahun, ini relevansi atau keterkaitan dengan data dari WHO, ini sangat erat sekali," kata Cucu dalam acara 'Press Background Pekan Nasional Keselamatan Jalan' di Hotel RedTop, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (30/11).

Di sisi lain, faktor pendidikan juga mempengaruhi rendah atau tingginya angka kecelakaan dalam berkendara. Pejalan kaki, penumpang angkutan dan pengguna sepeda juga cukup signifikan.

"Kalau kita lihat fakta di dunia ini, angka kecelakaan di jalan raya untuk pejalan kaki dan sebagai pemumpang menduduki posisi 36 persen, sepeda motor 14 persen, sepeda 6 persen," katanya.

"Dari segi pendidikan 50 persen lebih dari SLTA, ini berada dalam posisi pada saat memiliki SIM. Ini berada dalam posisi peralihan," tutupnya.

Menurut penuturan Cucu, guna mengantisipasi angka kecelakaan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah progresif yang dinilai sangat signifikan. Salah satunya dengan mendistribusikan 26 ribu helm untuk anak.

"Ada penyebaran helm khusus di sekolah, kita kembangkan helm untuk anak yang ingin naik sepeda motor. 26 ribu helm sudah kita distribusikan," ungkapnya. (dit)

 

BACA JUGA:

  1. Ditjen Hubungan Darat: Usia Muda Rentan Kecelakaan
  2. Video Pasca Lamborghini Tabrak Tukang Susu
  3. Revolusi Penerbangan Indonesia: Pejabat Tidak Patuh Aturan
  4. Naik Motor Ugal-Ugalan Dua ABG Tewas Terlindas Truk
  5. Dor! Pemerkosa di JPO Lebak Bulus Tewas Ditembak Petugas

Tags Artikel Ini

Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH