Kecamatan Campaka Gelar Perayaan 17 Agustus di Situs Gunung Padang Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.Com - Masyarakat dan Muspika Campaka, Cianjur, Jawa Barat akan menggelar perayaan 17 Agustus di Situs Gunung Padang. Rencananya, warga bersama pimpinan kecamatan melakukan upacara bendera di teras dua situs megalit tersebut.

Kegiatan perayaan 17 Agustus di Situs Gunung Padang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

Selain itu, upacara bendera di pelataran Gunung Padang dilakukan dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, muspika setempat menggelar upacara layaknya pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus, melibatkan ratusan pelajar.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk promosi keberadaan situs tertua di dunia yang terletak di Kecamatan Campaka, Cianjur," kata Camat Campaka M Fatah Rizal pada wartawan Selasa (14/8).

Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat (Foto: MP/Noer Ardiansjah)

Ia menjelaskan penyelenggaraan tersebut dilakukan untuk lebih mengenalkan Situs Megalitikum Gunung Padang pada peserta upacara yang didominasi pelajar dan masyarakat umum.

"Ini adalah karya dari pendahulu yang perlu dijaga dan dilestarikan. Penting juga diedukasi pada pelajar terkait sejarah ataupun nilai lain yang terkandung dalam situs ini," katanya.

Bahkan tambah Fatah Rizal sebagaimana dilansir Antara, nilai perjuangan dapat diterapkan dalam kegiatan tersebut karena peserta upacara harus bersusah payah untuk sampai ke lokasi upacara di teras dua Gunung Padang.

"Jadi kita bisa merasakan bagaimana kerja keras untuk bisa mencapai sesuatu, hal yang lebih sulit dirasakan oleh pejuang ketika ingin mewujudkan kemerdekaan," ucapnya.

Pihaknya berharap setidaknya kegiatan tersebut dapat mempromosikan wisata Gunung Padang sampai ke mancanegara karena situs tersebut merupakan situs tertua yang banyak menyimpan sejarah.

"Sekaligus mengekplotasi destinasi wisata air terjun yang banyak di Campaka. Harapanm kami bantuan teman-teman media untuk menyebar luaskan keberadaan Gunung Padang dan wisata lainnya," kata Fatah.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sudirman Said Pastikan Sandiaga Uno Tak Pindah Partai



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH