Kebun Raya Indrokilo, Lokasi Mistis yang Berubah Image Kebun Raua Indrokilo (Sumber: Instagram/bintanghr)

BUKAN hanya Bogor saja yang memiliki kebun raya. Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Jawa Tengah salah satunya. Meski tergolong sebagai destinasi baru dan masih dalam tahap pembangunan, masyarakat sudah diperbolehkan berkunjung ke kebun seluas 8,9 hektar ini.

Dilansir dari lipi.go.id, Kebun Raya Indrokilo memiliki tema Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur. Tempat ini menjadi salah satu destinasi menarik di Boyolali dan cukup populer. Apalagi lokasinya sangat dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali yakni hanya berjarak 5 menit saja.

1. Kebun raya tematik

Ada banyak spot cantik di sana (Sumber: Instagram/arrandy)
Ada banyak spot cantik di sana (Sumber: Instagram/arrandy)

Selain menjadi sarana konservasi dan edukasi, Kebun Raya Indrokilo dibuat sedemikian rupa agar terlihat kekinian. Di sana banyak spot-spot menarik yang bisa dipakai sebagai latar belakang foto.

Ada beberapa tempat yang dirancang dengan tema tertentu misalnya paku-pakuan, taman labirin, rumah kaca, dan taman energi terbarukan. Selain itu ada pula patung Mahesa Jenar dan gerbang berarsitektur Tiongkok setinggi 30 meter.

Kamu juga bisa menemukan arena pertunjukan di taman ini. Hal itu karena kedepannya Kebun Raya Indrokilo akan sering mengadakan pertunjukan kebudayaan seperti wayang atau tari-tarian dan pertunjukan pop culture seperti musik jazz.

2. Sempat menjadi tempat mistis

Dulu Kebun Raya Indorokilo sering dijadikan tempat mistis (Sumber:  Instagram/bintanghr)
Dulu Kebun Raya Indorokilo sering dijadikan tempat mistis (Sumber: Instagram/bintanghr)

Kebun Raya Indrokilo memang indah meskipun belum rampung sepenuhnya. Di sana ada banyak taman-taman yang ditata sedemikian rupa. Namun di balik keindahannya itu, kebun yang terinspirasi dari Kebun Raya Bogor ini memiliki sejarah kelam.

Dulu, sebelum adanya pembangunan kebun raya, banyak orang yang sengaja datang ke tempat tersebut untk meminta penglaris dalam berdagang atau meminta jabatan. Hal itu tidak heran karena di sekitar tempat ini ada sebuah situs budaya.

Sebelumnya Kebun Raya Indrokilo merupakan tegalan milik kas desa. Hingga di tahun 2015 Bupati Seno Samodro berinisiatif menjadikan tempat tersebut sebagai kebun raya.

3. Fasilitasnya banyak

Ada banyak fasilitas di sana (Sumber: Instagram/hearttiny.19)
Ada banyak fasilitas di sana (Sumber: Instagram/hearttiny.19)

Ada satu hal menarik yang disukai oleh kaum milenial di taman ini. Karena pihak pengelola sengaja memberikan wifi gratis bagi para pengunjung. Selain itu saat ini kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke kebun raya.

Tak hanya itu saja, fasilitas menarik lainnya adalah air langsum minum dari kran. Air minum itu dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali. Mirip seperti di luar negeri kan?

Kamu tak perlu bingung untuk mencari lokasi Kebun Raya Indrokilo. Seperti halnya Kebun Raya Bogor, tempat ini juga snagat dekat dengan pusat kota. Kamu hanya menempuh jarak sejauh 5 kilometer saja dari Alun Alun Lor Boyolali.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH