Kebun Raya Cibodas Kembali Dibuka untuk Wisatawan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (depan-kiri) bersama Direktur Utama Sporting dan HR PT Mitra Natura Raya Rumpoko Hadi. (Foto: MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembali membuka Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KRC-LIPI) untuk wisatawan mulai Selasa (7/7). KRC-LIPI ini merupakan salah satu di antara destinasi wisata unggulan di Kabupaten Cianjur.

Pembukaan kembali destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam dan udara pegunungan asri tersebut dilakukan oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman merujuk pada Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 155/F/2020 tentang Pembukaan Kembali Layanan Kebun Raya di Lingkungan LIPI.

Baca Juga:

ASITA: Pariwisata NTT Mulai Bergerak

Herman Suherman mengatakan, pemkab secara bertahap mulai membuka sejumlah destinasi wisata di Cianjur di tengah penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

 Gerbang masuk Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KRC-LIPI). (Foto: MP/Mauritz)
Gerbang masuk Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KRC-LIPI). (Foto: MP/Mauritz)

Kembali dibukanya Kebun Raya Cibodas yang ada di Kabupaten Cianjur, lanjut Herman, telah melalui sejumlah proses kajian sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di area lokasi wisata.

"Berdasarkan kajian tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, KRC LIPI dinilai layak untuk kembali dibuka dan melayani kunjungan wisatawan. Dan, Pemkab Cianjur secara bertahap mulai kembali membuka sejumlah destinasi wisata lainnya," tutur Herman.

Baca Juga:

Pantai Selatan Yogyakarta Diserbu Ribuan Wisatawan

Herman menyebutkan, dalam era adaptasi kebiasaan baru, seluruh sektor seperti ekonomi dan pariwisata secara perlahan telah kembali bergerak.

"Tetap harus menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan COVID-19. Tim Gugus Tugas COVID-19 juga memaksimalkan pengawasan di setiap destinasi," ujarnya. (Mauritz/Jawa Barat)

Baca Juga:

Yogyakarta Mulai Gencarkan Promosi Wisata Alam


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH