Kebun Binatang Terpopuler di Dunia, Indonesia Juga Punya Kebun binatang pas untuk destinasi edukasi dan hiburan. (foto: pexels/troy guo)

KEBUN Binatang sering dijadikan tempat wisata pilihan masyarakat. Destinasi itu bisa jadi wisata edukasi bagi anak-anak. Di sana, buah hati bisa mengenal dan berinteraksi dengan berbagai hewan.

Hampir setiap negara di dunia punya kebun binatang andalan. Di dalamnya dipamerkan beragam flora fauna asli negara tersebut. Merahputih.com merangkum beberapa kebun binatang terbaik di dunia. Salah satunya ada di Indonesia loh.

BACA JUGA: Diwarnai Urban Legend, Destinasi Wisata di Indonesia ini Malah Menarik


1. Bronx Zoo, New York

kebun binatang
Menjadi rumah bagi 700 spesies. (foto: timeout.com)

Kebun seluas 265 hektare ini dihuni lebih dari 4.000 binatang. Lokasinya di kota metropolitan New York, Amerika Serikat. Bronx Zoo dibuka sejak 1899. Di kebun binatang yang jadi rumah bagi 700 spesies ini, kamu bisa menemukan gorila dataran rendah, mandrill, okapis, babi sungai merah, harimau siberia, kecoak madagaskar, gajah, macan tutul, panda merah, hingga badak india.

Kunjungi pameran populer Kongo Gorilla Forest di ruang pamer Afrika. Di hutan itu, kamu akan menemukan taman kupu-kupu, Jungle World, korsel bug, teater 4D, dan monorel. Kamu bisa berkeliling menggunakan bus, monorel, atau trem udara.

Untuk masuk kebun binatang ini, kamu harus membayar tiket US$29,95 (sekitar Rp423 ribu) hingga US$39,95 (Rp565 ribu). Kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00.

2. Taman Safari Indonesia, Bogor

taman safari bogor
Mulai dari safari, pertunjukan aneka satwa, hingga wahana hiburan ada di sini. (foto: Instagram @mohdbin.shareen91)

Salah satu tujuan vakansi bersama keluarga bagi orang Indonesia ialah Taman Safari Indonesia. Destinasi ini menarik sekaligus mengedukasi anak-anak. Taman Safari Indonesia Bogor terletak di Cisarua, Bogor, Indonesia. Kebun binatang seluas 168 hektare ini memiliki beragam satwa, dari yang jinak hingga buas, di antaranya zebra, unta, lama, monyet, rusa, gajah, hippo, singa, harimau putih, beruang, burung hantu, burung cendrawasih, burung kookaburra asal Australia, ular, dan buaya.


Salah satu kegiatan favorit di kebun binatang ini ialah melakukan Safari Journey. Kamu juga bisa mengamati perilaku hewan liar di habitat mereka. Saat melakukan Safari Journey, kamu harus selalu memerhatikan lingkungan sekitar. Meski diperkenankan memberikan makanan secara langsung ke satwa di sana, kamu wajib memperhatikan peraturan yang berlaku.

Tak hanya Safari Journey, di Taman Safari Indonesia juga diselenggarakan pertunjukkan atraksi binatang. Setiap alur cerita dalam pertunjukan memiliki nilai edukasi. Biasanya, inspirasinya dari permasalahan geografis, semisal kerusakan ekosistem.

Setelah puas melihat binatang, cobain juga wahana permainan yang tersedia. Ada lebih dari 20 wahana permainan, meliputi merry go round, go kart, jet coaster, hingga Safari Waterpark. Tak hanya itu, Taman Safari Indonesia juga menawarkan Safari Trek, Safari Malam, dan kunjungan ke Istana Panda. Harga tiket masuk Taman Safari Indonesia mulai dari Rp160 ribu hingga Rp350 ribu. Disesuaikan dengan hari kedatangan, usia, dan pilihan paket wisata.

3. Columbus Zoo and Aquarium, Ohio

kebun binatang
Salah satu spesies panda raksasa dirawat di kebun binatang ini. (foto: colombus zoo)

Dibuka sejak Januari 1927, Columbus Zoo and Aquarium memperoleh koleksi binatang dari sumbangan keluarga Wolfe, pemilik surat kabar Columbus Dispatch. Lebih dari 11 ribu fauna, mewakili 600 species dari seluruh dunia, didatangkan ke Columbus Zoo and Aquarium di Ohio, Amerika Serikat. Bahkan, salah satu spesies panda raksasa yang terancam punah dirawat di kebun binatang ini.

Kini, Columbus Zoo and Aquarium jadi rumah singgah bagi satwa liar yang memerlukan pertolongan. Salah satu program mereka ialah pemulihan ikan manatee dan margasatwa AS.

4. Kebun Zoologi, Berlin

kebun binatang
Menawarkan kesempatan mengadopsi hewan. (foto: berlin.de)


Jadi salah satu bangunan tertua di Jerman, Zoo Berlin menampung lebih dari 1.300 spesies. Setidaknya, ada 20 ribu binatang yang hidup di kebun seluas 33 hektare ini, di antaranya gajah, gorila, jerapah, panda, babirusa asal Sulawesi Utara, hingga orangutan Sumatra.

Tak hanya menawarkan pengalaman melihat hewan, kebun binatang ini juga memberi kesempatan bagi kamu untuk mengadopsi binatang. Melalui situs 175 Jahre Zoo Berlin, kamu bisa mengadopsi beberapa hewan yang tinggal di kebun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk berwisata fauna di Zoologi Berlin, kamu harus membayar tiket masuk yang ditawarkan mulai dari 8 euro hingga 51 euro (skitar Rp124 ribu hingga Rp794 ribu) per orang. Untuk yang datang berkelompok atau keluarga, tiket dijual mulai dari 26 euro hingga 199 euro (setara Rp405 ribu hingga Rp3,1 juta) untuk dua hingga lima pengunjung.(Dys)

BACA JUGA: Menikmati Craft Beer Lokal Bali



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH