Kebun Binatang Ragunan, Tempatnya Mengenal Satwa di Ibu Kota Gajah di Kebun Binatang Ragunan (Instagram/Rizka.na)

BAGI warga Jakarta tentu tahu dengan objek wisata Kebun Binatang Ragunan. Sebuah taman yang mengkoleksi ratusan jenis hewan ini cukup populer. Kebun binatang Ragunan menjadi tempat wisata murah meriah terutama saat akhir pekan dan libur panjang.

Kebun Binatang Ragunan sendiri berada di Jalan Harsono RM No 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tak tanggung-tanggung, luas kebun binatang ini mencapai 140 hektar.

Kebun Binatang pertama di Indonesia

Jerapah yang menjadi koleksi Kebun Binatang  Ragunan (Instagram/ki.tty5214)
Jerapah yang menjadi koleksi Kebun Binatang Ragunan (Instagram/ki.tty5214)

Tempat wisata ini tak bisa dibilang baru. Pasalnya jika dihitung umur Kebun Binatang Ragunan sudah mencapai 150 tahun lebih. Karena usianya Kebun Binatang Ragunan menjadi kebun binatang pertama di Indonesia.

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin atau Tanaman dan Kebun Binatang. Saat itu letak Planten En Dierentuin berada di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang kini menjadi Taman Ismail Marzuki (TIM).

Binatang yang menjadi favorit pengunjung (Instagram/adika204raj)
Binatang yang menjadi favorit pengunjung (Instagram/adika204raj)

Saat itu taman ini luasnya hanya 10 hektar. Planten En Dierentuin dibangun di atas tanah pemberian Raden Saleh. Kamu bisa melihat patung tokoh tersebut di Kebun Binatang Ragunan sebagai bentuk penghargaan karena dianggap berkontribusi membuat kebun binatang.

Setelah empat tahun Indonesia merdeka, nama kebun binatang dalam bahasa Belanda diubah menjadi Kebun Binatang Jakarta atau Kebun Binatang Cikini. Kemudian di tahun 1969 Gubernur Ali Sadikin memindahkan koleksi hewan tersebut ke kawasan Ragunan.

Apa yang bisa didapat di Kebun Binatang Ragunan

Burung pelikan di Kebun Binatang Ragunan (Instagram/renniprimatana)
Burung pelikan di Kebun Binatang Ragunan (Instagram/renniprimatana)

Seiring berjalannya waktu, pihak pengelola terus berbenah. Kini ada banyak fasilitas yang diperuntukan untuk pengunjung. Contohnya Pusat Primata Schmutzer. Di sini kamu bisa melihar berbagai jenis primata dari berbagai negara seperti simpanse dan gorilla.

Nah, bagi yang membawa anak bisa mampir ke area taman satwa anak. Di sini pengelola menampilkan hewan-hewan jinak seperti burung kakak tua hingga ular phyton berwarna-warni di tubuhnya.

Kemudian ada juga taman refleksi yang berada di Pusat Primata Schmutzer. Di sana kamu bisa merefleksikan kaki dengan berjalan di atas batu-batu. Selain refleksi kamu dapat berfoto-foto dengan latar orang utan di tengah kolam.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH