Kebiasaan yang dapat Membuat Otak Lebih Kreatif

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 28 Juni 2022
Kebiasaan yang dapat Membuat Otak Lebih Kreatif
Merangsang otak untuk berpikir lebih kreatif dan efisien, serta mencari solusi-solusi baru. (Foto: Unsplash/Jakob Owens)

KREATIVITAS adalah bakat diri yang harus selalu diasah dalam berbagai kesempatan. Untuk memastikan kita selalu dipenuhi kreativitas tanpa batas, ada kebiasaan-kebiasaan penting yang perlu kita lakukan secara rutin. Perlu diingat kreativitas tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja di industri kreatif saja, tetapi juga pada setiap bidang.

Dengan kata lain, kemampuan mengulik gagasan secara spontan, sekaligus mengevaluasinya dengan teliti untuk menentukan apakah gagasan itu betul-betul akan berhasil.

Kreativitas sejatinya adalah kemampuan berpikir yang penting untuk dimiliki oleh siapa saja terlepas dari jenis profesi yang dikerjakan. Dengan kreativitas, kita dapat menghadirkan solusi-solusi tepat untuk setiap tantangan dan kendala dalam studi, pekerjaan, atau kehidupan sehari-hari. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembangkan kreativitas tanpa batas milik kita.

Baca Juga:

Melly Goeslaw Ungkap Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital

kreatif
Mencoba hal-hal yang baru membuat otak lebih banyak bekerja. (Foto: 123RF/skorzewiak)


Mencoba hal baru


Hal pertama yang bisa dilakukan adalah berpikiran terbuka untuk selalu mencoba hal baru. Memiliki rutinitas yang tetap dan berulang bisa jadi tidak begitu baik untuk mengembangkan kreativitas. Mencoba sesuatu yang baru akan memberi kesempatan bagi diri menerima pengalaman baru dan melatih otak untuk beradaptasi dan menghasilkan ide-ide yang inovatif.


Rutinitas kreatif


Mengembangkan kreativitas tanpa batas harus dimulai dengan menerapkan creative habits atau rutinitas kreatif. Creative habits ini adalah rutinitas yang akan mengajarkan kita agar bisa membiasakan diri dengan hal yang tidak biasa. Bisa juga dengan membiasakan otak terus berpikir selama waktu produktif. Ini dapat kita lakukan dengan menantang diri sambil menanyakan bagaimana jika ini bisa merangsang otak untuk berpikir lebih kreatif dan efisien, serta mencari solusi-solusi baru.

Baca Juga:

Meta Gaungkan Pentingnya Keamanan Data Pengguna

kreatif
Mencatat ide-ide yang bermunculan di kepala. (Foto: Unsplash/Green Chameleon)


Catat ide yang muncul


Cara mengembangkan kreativitas tanpa batas yang tidak kalah penting adalah selalu mencatat ide-ide yang bermunculan di kepala. Jika tidak memiliki alat tulis di dekat kita untuk mencatat, tidak masalah jika dicatat di aplikasi notes pada ponsel. Tujuannya agar ide tersebut tidak menguap begitu saja.

Luangkan waktu untuk mencatat setiap ide-ide yang muncul. Setelah ada waktu luang, ulas kembali ide yang sudah dicatat. Kira-kira, bagaimana cara terbaik untuk mengeksekusi ide itu. Bisa jadi tidak bisa langsung direalisasikan, tetapi bukan tidak mungkin ide-ide yang kita catat bisa berguna di kemudian hari. (Mrf)

Baca Juga:

Sontek Cara Orang Sukses Jalani Hari

#Inspirasi #Otak #Kreatif #Kreativitas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan