Kebiasaan yang Bisa Membuat Gula Darah Naik Tiba-Tiba Gula darah tak hanya dipengaruhi asupan manis. (Foto: Pexels/Pixabay)

KONDISI hiperglikema umumnya dialami oleh penderita diabetes. Tetapi gula di dalam darah tetap bisa naik secara tiba-tiba bagi mereka yang kondisi tubuhnya normal dan bebas dari diabetes hanya karena tidak memperhatikan pola makan. Akibatnya bisa sangat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika dibiarkan bisa memicu kemunculan penyakit kronis lain seperti jantung, gagal ginjal sampai stroke.

Melansir dari webmd.com, kebanyakan orang berpikir bahwa gula darah naik secara tiba-tiba disebabkan oleh asupan manis yang terlalu banyak. Padahal banyak faktor tak teduga yang bisa menyebabkan hal tersebut. Kebiasaan untuk tidak olahraga bisa memicu gula darah tinggi. Karena kalori yang menumpuk di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan melalui keringat.


Baca Juga:

Diabetes Harus Diatasi Sebelum Terlambat

1. Begadang

tidur
Tidur cukup membantu menurunkan gula darah. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jam tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur terlalu larut malam atau begadang hingga pagi akan membuat gula darah naik. Secara otomatis kamu akan bangun siang dan terlambat makan. Padahal tubuh membutuhkan asupan gizi tepat waktu. Melewatkan sarapan akan membuat tubuh mengambil kandungan gula lebih banyak dari makan siang.

2. Mager

mager
Buatlahbadan bergerak setiap saat. (Foto: Pexels/Pixabay)


Hayo ngaku… Apakah kamu termasuk orang yang mager alias malas gerak? Kebanyakan orang berpikir olahraga membutuhkan banyak persiapan dan memakan waktu cukup lama. Padahal kamu tetap bisa olahraga di sela waktu sibuk. Tidak perlu ke gym, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti push-up, sit-up dan lari santai dalam waktu singkat. Kalori harus dibakar setiap hari agar tidak menimbulkan penyakit.

3. Pola Makan

makan
Perhatikanlah asupan makan. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

Sudah makan tepat waktu dan memperhatikan asupan gizi tapi gula darah tetap tinggi? Coba perhatikan lagi. Seringkali orang tidak menyadari kadar gula dari makanan yang dikonsumsinya. Perhatikan pemanis yang digunakan dalam makananmu. Kurangi minum minuman manis dalam botol kemasan. Perhatikan juga camilanmu sehari-hari. Sebaiknya mengganti camian manis dengan buah-buahan. (mar)


Baca Juga:

6 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH