Kebiasaan Sepele Ini Membuat Diet Kamu Gagal Diet bukan sekadar dengan berolahraga (Foto: Pexels/rawpixel.com)

GAGAL diet sudah menjadi hal yang kerap terjadi bagi siapapun. Padahal semua program diet sudah dijalani. Termasuk melakukan aktivitas yang membantu diet seperti berlatih ke gym. Tapi hasilnya sama saja. Berat badan tidak turun-turun.

Diet bukan sekadar membakar lemak dengan berolahraga, bukan juga mengenai program diet apa yang kamu lakukan. Ada beberapa kebiasaan sepele yang sering kamu lakukan menjadi penyebab gagalnya diet kamu.

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang membuat diet kamu gagal menurut laman Huffington Post.

1. Kurang minum air

Dehidrasi mengurangi jumlah kalori yang dibakar (Foto: Pexels/Tokapic)

Jangan sampai dehidrasi saat melakukan diet. Proses pembakaran lemak tidak akan terjadi kalau tubuh kamu mengalami dehidrasi. "Anda perlu minum lebih dari 48 ons cairan per hari," kata Michael Jay Nusbaum, Kepala operasi bariatric di Morristown Medical Center. Menurut Nusbaum, dehidrasi juga membuat kamu mengalami konstipasi.

2. Kurang tidur

Tidurlah minimal 6-7 jam sehari (Foto: Pexels/Ivan Obolensky)

Kekurangan waktu tidur maka metabolisme kamu berjalan lambat. Kamu harus tidur setidaknya 6-7 jam sehari untuk memperbanyak jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. "Satu penelitian menunjukkan bahwa orang membakar 400 kalori lebih sedikit ketika mereka tidur selama lima setengah jam," kata Craig Primack, seorang dokter obat kegemukan di Scottsdale, Arizona.

3. Stres

stres membuat kamu lapar (Foto: Pexels/bruce mars)

Jangan stres kalau mau memiliki tubuh ideal. Stres menjadi salah penyebab gagalnya diet kamu. Saat stres otak kamu akan mengirimkan sinyal lapar. Hasilnya nafsu makan kamu jadi tidak terjaga, maunya menyantap segala makanan yang kamu lihat. "Manajemen stres sama pentingnya dengan mengikuti program diet," ujar Justin Blum, CEO dan pemilik Franchise Raw Fitness.

4. Kurang makan protein

Kandungan protein membuat kenyang lebih lama (Foto: pexels/Lukas)

Makanan berlemak memang harus dijaga. Tapi jangan sampai mengurangi asupan protein. Kandungan protein lebih lama dicerna. Sehingga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Pola makan kamu pun bisa menjadi lebih teratur. "Tubuh Anda mencerna protein lebih lambat daripada macronutrien lainnya, yang berarti gula darah dan rasa lapar Anda tidak melonjak," kata Greg Pignataro, spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat. (ikh)

Baca juga: Diet Tanpa Karbo Memperpendek Umur?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH