Tips Jitu Atasi Migrain dengan Cepat dan Tepat Migrain bisa hilang dalam sekejap loh (Sumber:Medical News Today )

MIGRAIN adalah gejala kepala berdenyut yang biasanya terjadi di satu bagian saja. Ketika migrain menyerang, penderita biasanya lebih sensitif terhadap paparan cahaya atau mendengar suara. Jika migrain sudah menyerang, suara atau cahaya seminimal apapun bisa membuat tersiksa. Berbagai pengobatan biasa ditempuh untuk melenyapkan si sakit kepala sebelah. Tanpa harus ke dokter dan berobat ternyata migrain bisa hilang lho.

Kita hanya perlu melakukan beberapa kebiasaan sederhana. Berikut kebiasaan sederhana yang bisa melenyapkan migrain:

1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat
Istirahat yang cukup (Sumber: Diabetes Pharmacist)

Saran tersebut mungkin terdengar klise tetapi faktanya istirahat mampu meningkatkan performa tubuh seseorang secara signifikan. Termasuk salah satu di antaranya adalah migrain.

Tidur yang berkualitas mampu meniminalisir serangan migrain. Pastikan kamu memiliki jadwal tidur yang konsisten supaya proses pemulihan lebih cepat.

2. Fokus Pada Hal-Hal Yang Menyenangkan

Migrain
Pikirkan hal positif (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Tak dipungkiri, sebagian dari kita lebih sering fokus pada hal-hal menyebalkan yang ada di sekitar. Mulai dari kemacetan lalu lintas, teman yang rese, hingga tugas atau tagihan yang menumpuk.

Ketika otak kita terfokus pada hal-hal menyebalkan, syaraf kita akan lebih tegang. Dan kamu tentu tahu dong bahwa migrain adalah salah satu penyakit syaraf.

Untuk itu, cobalah lebih rileks dan fokus pada hal-hal menyenangkan. Fokus pada hal yang menyenangkan tak hanya bisa diaplikasikan untuk mencegah migrain tetapi juga mengobati migrain.

"Kamu harus fokus pada hal lain daripada gejala migrainmu. Perlahan tetapi pasti gejala migrain akan mereda seiring dengan hal menyenangkan yang kamu pikirkan," ujar Dokter di Mayo Clinic, Kate Grimsrud.

3. Minum Air Putih Yang Banyak

Minum Air
Minum air putih atasi migrain (Sumber: Allure)

Sakit kepala biasanya merupakan tanda awal yang diberikan tubuh jika kita tidak minum air yang cukup dalam sehari. Minum air putih menjadi obat paling manjur untuk mengantisipasi datangnya migrain. Pastikan selalu minum air putih minimal dua liter perhati.

Ketika migrain mulai menyerang, jangan panik. Kamu juga bisa menyembuhkannya secara kilat dengan migrain karena seperti yang telah disebutkan, sakit kepala hanyalah tanda jika tubuh kekurangan cairan.

4. Pastikan Tubuh Banyak Bergerak

Lari
Bergerak (Sumber: Pixabay/Sasint)

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan sakit kepala menyerang. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar kita tidak kekurangan oksigen dan berakhir dengan sakit kepala sebelah adalah dengan membiarkan tubuh banyak bergerak.

Ketika tubuh kita bergerak, sirkulasi darah akan lancar. Oksigen yang diantarkan oleh darah pun akan lancar. Kamu bisa mulai dengan rutin berolahraga, membereskan rumah, atau jalan kaki.

5. Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Migrain
Perhatikan asupan makanan (Sumber: Ryan McGuire)

Untuk sebagian orang, makanan dapat memicu datangnya migrain. Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan tubuhmu mengalami inflamasi dan menimbulkan migrain. Cari tahu makanan apa yang bisa menyebabkan migrainmu kumat. Datangi dokter ahli untuk mengetes kecenderunganmu alergi terhadap jenis makanan tertentu. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH