Kebiasaan Ramah Lingkungan, Bikin Puas Diri Dari lingkungan rumah dapat pula menjaga lingkungan. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

TIDAK perlu melakukan langkah besar untuk menjadi pejuang lingkungan. Setiap kali melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan terdekat, Anda telah menjadi pejuang, dan imbalan terbaiknya adalah rasa kepuasan diri.

Ada kegembiraan saat menemukan kain lap bekas pakai atau sampah dapur yang ternyata dapat dimanfaatkan kembali. Simak enam kebiasaan ramah lingkungan, di bawah ini sepertii dikutip PopSugar.

Baca Juga:

Casing Smartphone Unik Ramah Lingkungan

Sortir sampah

sampah
Pisahkan sampah berdasarkan kategori. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Menurut Asosiasi Limbah dan Daur Ulang AS, sebanyak 25 persen dari apapun yang berakhir di tempat sampah akan terkontaminasi dan tidak dapat didaurulang. Karena itu, ketahui bahan yang dapat dan tidak dapat didaurulang lalu luangkan waktu untuk menyortirnya secara tepat.

Kaldu sayuran

sayur
Sisa sayuran dapat digunakan untuk menyiram tanaman. (Foto: Pixabay/RitaE)

Kompos menjadi nutrisi terbaik untuk tanaman. Manfaatkanlah sayuran sisa dari dapur sehari-hari kamu. Setiap kali memotong ujung wortel, mengupas kulit bawang, atau sisa potongan sayuran lainnya, masukkan ke dalam wadah. Setelah mendapatkan tiga hingga empat cangkir sayuran sisa, tutupi dengan air lalu didihkan selama 45 menit. Saring sisa makanannya, dan gunakan air kaldu sayuran tersebut untuk menyiram tanaman.

Mendukung pertanian lokal

kelontong
Belanjalah pada petani lokal. (Foto: Pexels/Min An)

Kapanpun Anda bisa, cobalah berbelanja produk segar di pasar petani atau kios pertanian lokal. Cara ini mengurangi kebutuhan bahan makanan yang dikirim dari daerah lain, juga menggalakkan kebiasaan belanja di warung dekat rumah.

Investasi ramah lingkungan

minum
Pakailah botol air yang bisa dipakai terus-menerus. (Foto: Pexels/Courtney Hodgin)

Jika tidak sangat terdesak, tahan godaan untuk membeli sebotol air setiap kali kamu merasa haus. Ada banyak cara yang lebih berkelanjutan untuk tetap terhidrasi. Cara paling bijak adalah membeli tempat air minum yang bisa dipakai berulang kali. Dengan demikian kamu turut mengurangi volume sampah yang tidak bisa didaurulang.

Demikian juga derngan kandungan karbon pada jaket atau celana jins yang kamu pakai akan semakin menyusut. Alih-alih membeli produk fesyen baru dengan tujuan up to date, belilah pakaian bekas yang masih sangat layak pakai. Kemudian, saat hendak membuang sesuatu, Anda dapat menyumbangkan atau menjualnya kembali untuk memperpanjang siklus hidup pakaian yang tidak lagi Anda inginkan.

Sulit untuk membiasaan aktivitas ramah lingkungan dalam rutinitas keseharian harian jika kamu tidak memiliki persediaan yang tepat. Luangkan waktu untuk berbelanja produk ramah lingkungan yang akan kamu gunakan dalam jangka panjang. Misalnya serbet, untuk mengurangi ketergantungan pada tisu atau handuk kertas sekali pakai. (ahmad dhani)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH