Kebiasaan Orang Indonesia yang Menarik di Mata Pendatang Kebiasaan orang Indonesia yang bikin ornag luar heran. (Foto:Pixabay/RobinHiggins

INDONESIA selain memiliki daya tarik dari alam, adat dan budaya yang sungguh beragam, kebiasaan yang ada dianggap menarik oleh orang luar negeri.

Kebiasaan-kebiasaan ini yang terkadang membuat para pendatang dari luar negeri mengernyitkan dahinya. Bahkan mengundang rasa sebal.

Baca Juga:

@Zaynmalieq Nge-Shift Perdana di Gerakan Barista Asuh, Respon Customer Luar Biasa


1. Hantu

orang
Banyak orang percaya pada hantu. (Foto: Pexels/Craig Adderley

Banyaknya film horror di Indonesia ternyata mempengaruhi kehidupan masyarakatnya juga, jadi banyak yang percaya hantu dan merasa takut sehingga ketika tidur tidak pernah mematikan lampu. Selain boros listrik, tentu tidak nyaman juga bagi orang lain yang terbiasa tidur dengan lampu dimatikan.

2. Pedas

cabe
Pedas selalu menjadi teman makan. (Foto: Pixabay/Sponchia)

Mencampur salad dengan mayones adalah hal normal yang biasa dilakukan oleh banyak orang, namun di Indonesia ada yang lebih unik lagi seperti makan buah dengan sambal atau makan nasi dengan mie sebagai sarapan, atau porsi sarapan yang sama dengan porsi makan siang, ada juga makan menggunakan sambal yang sangat berlebihan sampai rasanya sangat pedas.

3. Kepala

orang
Dilarang memegang kepala orang tua, tidak sopan. (Foto: Pexels/Robert Stokoe)

Dianggap kurang ajar, tidak punya etika dan menghormati apabila memegang atau menyentuh kepala orang tua. Adab ini diajarkan secara turun-temurun. Dipercaya akan menerima karma buruk bagi orang yang melanggarnya.

4. Jam karet

orang
Banyak orang yang tidak komit dengan waktu. (Foto: Pexels/Aphiwat Chuangchoem

Di Indonesia sangat lazim untuk menunggu orang yang sudah buat janji dengan kita selama 30- 120 menit. Berbeda dengan orang luar yang terbiasa dengan tepat waktu sehingga ketika di Indonesia, ia akan merasa ilfeel dengan budaya ini.

Baca Juga:

35 Coffee Shop Siap Ikut Gerakan Barista Asuh


5. Orang tua

orang
Ikatan anak-orangtua sangat erat. (Foto: Unsplash/Nathan Anderson)

Anak-anak akan meminta izin apapun itu ke orang tua, mulai dari hal sederhana izin pergi keluar sampai pilihan suami/istri. Jarang anak yang berani melanggar perintah orangtua, takut terjadi hal-hal yang buruk.


6. Kulit putih

orang
Banyak orang luar yang sering berjemur untuk mendapat kulit kecoklatan. (Foto; Pexels/Riccardo Bresciani

Masyarakat Indonesia dan Asia secara umum ingin memiliki kulit putih. Sehingga akan menggunakan payung atau jaket agar kulitnya tidak terpapar sinar matahari. Berbeda dengan orang luar yang ingin memiliki kulit agak kecoklatan sampai rela melakukan tanning.


7. Tidak ada privasi

orang
Tidak ada privasi sampai tidurpun bersama. (Foto: Pexels/Burst)

Banyak orang yang memilih tinggal dan tidur bersama dengan orang lain entah dengan alasan takut atau tidak suka sendiri. Sehingga sangat lazim dan sering ditemukan orang tidur di tempat umum dan dibangunkan kapan saja.


Begitulah beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh oleh orang luar. (lio)

Baca Juga:

Sumber Karbohidrat Alternatif ala Indonesia


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH