Kesehatan Mental
Ghibah Bagus untuk Kehidupan Sosial Gosip bagus untuk kehidupan sosial (Sumber: Pexels/Rodnae Picture)

BERGOSIP atau berghibah sering kali dikaitkan dengan perilaku negatif. Kebanyakan dari kita mungkin berpikir kegiatan bergosip hanya berisi omong kosong dan menyebarkan desas-desus. Namun, ternyata sebuah penelitian mengungkapkan sekitar 14 persen dari percakapan kita sehari-hari terdiri dari gosip dan sebagian besar gosip bersifat netral daripada positif atau negatif.Sebenarnya nih, bergosip baik untuk kehidupan sosial loh. Berdasarkan informasi yang dilansir Brightside, penelitian menunjukkan bergosip dapat membantu kita membangun hubungan sosial dan belajar melalui pengalaman orang lain. Ketika kita berbagi informasi penting tentang diri kita sendiri atau orang lain satu sama lain, itu bisa bermanfaat dan membantu kita membangun kepercayaan dan ikatan yang lebih kuat.

gosip
Gosip bisa meningkatkan ikatan pertemanan (Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto)

Apa yang kita diskusikan juga dapat memengaruhi perilaku kita di masa depan. Ketika kita membandingkan kesan kita terhadap orang lain, hal itu dapat membantu kita memahami perasaan kita dengan lebih baik dan juga menetapkan perilaku seperti apa yang dapat dan tidak dapat diterima.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Social Psychological and Personality Science, sebanyak 467 orang dewasa memakai perekam elektronik selama dua hingga lima hari. Sampel percakapan verbal mereka dikumpulkan dan didengarkan oleh para peneliti. Mereka pun mengklasifikasikan sebagai gosip dikodekan sebagai positif, negatif atau netral menurut skala standar.
Data menunjukkan bahwa hampir semua orang dalam penelitian ini bergosip. Hanya 34 orang dari 467 orang yang tidak bergosip sama sekali. Mayoritas gosip yang tercatat dalam penelitian ini (75 persen) netral. Wanita terlibat dalam gosip yang lebih netral daripada pria, tetapi jumlah gosip negatif dan positif yang dibagikan di antara laki-laki dan perempuan cukup konsisten. Dan secara keseluruhan orang yang lebih ekstrovert cenderung lebih banyak bergosip daripada mereka yang lebih introvert.
Gosip
Gosip seringkali bersifat netral (Sumber: Pexels/Sam Lion)
"Ini tentang mengkomunikasikan informasi tentang dunia tempat kita tinggal dan sebagian besar kami melakukannya," jelas penulis utama studi, Megan Robbins, “Itu hanya informasi sosial dan kami belajar banyak tentang dunia sosial di sekitar kami ketika kami bergosip.”Menurut profesor psikologi di Knox College, Galesburg, Illinois, Frank T McAndrew gosip dikategorikan baik, buruk, atau netral tergantung dari cara kita menggunakan informasi tersebut, bukan isi dari berita itu sendiri. “Bergosip adalah keterampilan sosial," ujarnya.
gosip
Gosip merupakan ketrampilan sosial (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)
Penggosip yang baik adalah seseorang yang dipercaya dengan informasi dan seseorang yang menggunakan informasi itu dengan cara yang bertanggung jawab. Ketika kamu mengetahui bahwa gebetan temanmu punya reputasi buruk karena selingkuh, kamu bisa memberi tahunya. Tujuannya bukan untuk menyakiti temamu, tetapi sebagai peringatan. Atau kamu menemukan seseorang di perusahaanmu melakukan kecurangan dan kamu memberitahu rekan kerja lainnya agar mereka bisa menghindari bekerja dengan rekan itu. Kuncinya adalah kamu berbagi informasi dengan cara yang tepat sehingga membantu orang lain.Sementara penggosip yang buruk adalah seseorang yang berbagi informasi tentang orang lain untuk maju atau mendapatkan keuntungan sendiri. Yang lain cenderung tidak mempercayai penggosip "buruk" dengan informasi ketika mereka memilikinya.

Jenis permainan ini dikenal sebagai permainan barang publik. Biasanya, pemain berkontribusi lebih sedikit dari waktu ke waktu dalam permainan seperti itu. Namun, dalam permainan ini, jika para peserta diizinkan untuk berkomunikasi satu sama lain, kerja sama berkurang seiring waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain yang mengobrol satu sama lain merasa lebih terhubung satu sama lain.Ini membuktikan bahwa bergosip sebenarnya adalah bagian penting dari kehidupan kita yang dapat membantu kita membangun hubungan sosial dan bahkan meningkatkan kerja sama.

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fashion Item Pertama Hasil Kolaborasi Gap dan Kanye West
Fashion
Fashion Item Pertama Hasil Kolaborasi Gap dan Kanye West

Kanye West baru saja mengejutkan para penggemarnya dengan perilisan pertama dari Yeezy Gap.

Penyiar Radio Jerman Diserang ARMY BTS, Kenapa?
ShowBiz
Penyiar Radio Jerman Diserang ARMY BTS, Kenapa?

Tagar #APLOGIZETOBTS langsung ramai di Twitter.

Persembahan untuk Ulang Tahun ke-50 Mendiang Dolores O’Riordan
ShowBiz
Persembahan untuk Ulang Tahun ke-50 Mendiang Dolores O’Riordan

The Cranberries memberikan sebuah penghormatan sekaligus memperingati ulang tahun ke-50 mendiang Dolores.

Gaya Minta Maaf Sesuai Karakter Zodiak
Fun
Gaya Minta Maaf Sesuai Karakter Zodiak

Berikut cara minta maaf masing-masing zodiak.

Batasi Konsumsi Minuman Kekinian ini
Fun
Batasi Konsumsi Minuman Kekinian ini

Minuman kekinian yang populer ini sebaiknya dibatasi.

Tips Ampuh Cegah Gigi Ngilu Menurut Dokter Spesialis
Fun
Tips Ampuh Cegah Gigi Ngilu Menurut Dokter Spesialis

Gigi ngilu amat mengganggu siapapun.

'Resident Evil Village' Versi Demo Bisa di PS5
Fun
'Resident Evil Village' Versi Demo Bisa di PS5

awalnya game versi demo ini tidak tersedia di PS Store.

4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021
Fashion
4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021

Cocok untuk OOTD di Indonesia yang beriklim tropis.

Mac dan iPad Akan Jadi Barang Langka? Ini Penjelasannya
Fun
Mac dan iPad Akan Jadi Barang Langka? Ini Penjelasannya

Kelangkaan chip global dikabarkan akan berdampak pada produksi Mac dan iPad.

3 Momen di Drama ‘Mr. Queen’ ini Pasti Bikin Baper
ShowBiz
3 Momen di Drama ‘Mr. Queen’ ini Pasti Bikin Baper

Mr. Queen adalah drama bergenre sejarah, komedi, dan fantasi.