Kebiasaan yang Kerap Disepelekan ini Ternyata Berdampak Buruk untuk Kesehatan Kebiasaan buruk yang sering disepelekan (Sumber: Health Flash)

POLA hidup sehat saat ini begitu digandrungi generasi milenial. Mulai dari rutin jogging setiap pagi hingga eat clean dilakukan. Meskipun berkomitmen untuk menjalani hidup sehat, rupanya penyakit tetap bisa datang lo. Kebiasaan buruk yang kamu sepelekan ini lama-kelamaan bisa menjadi penyebab datangnya penyakit, meskipun kamu menjalani pola hidup sehat. Berikut kebiasaan buruk yang sering disepelekan dan tidak baik untuk kesehatan:

1. Membawa Smartphone ke Toilet

Smartphone
Membawa smartphone ke toilet (Foto: VGstockstudio)

Di era digital sekarang ini, smartphone menjadi bagian tak terpisahkan. Kemanapun kita melangkah, benda ini selalu di bawa, bahkan saat ke toilet. Kebiasaan ini mungkin terlihat sederhana dan tak membahayakan. Padahal ini bisa mengancam kesehatan kita lo.

Ron Cutler, Direktur Sains Biomedikal, mengatakan bakteri dan virus yang ada di kamar mandi bisa mengkontaminasi smartphone. "Virus yang ada di toilet akan ditransfer ke smartphone," ujarnya.

Membawa smartphone ke toilet meskipun hanya beberapa menit membuat berbagai bakteri seperti salmonella, E.Coli dan C. Difficile menempel pada benda yang sangat lekat dengan kita tersebut.

2. Main Smartphone Sebelum Tidur

Kebiasaan Buruk
Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur (Sumber: Health Flash)

Salah satu kebiasaan lain yang berkaitan dengan smartphone adalah menggunakannya sebelum tidur. Mengoperasikan smartphone sebelum tidur seolah menjadi ritual yang harus dilakukan, kebiasaan ini juga tak baik lo untuk kesehatan.

Menggunakan smartphone di malam hari dapat mengsabotase waktu istirahatmu dan mengganggu jam biologis tubuhmu. Semua fungsi di tubuh kita sangat bergantung dengan jam biologis karena dapat mengatur metabolisme, mood, dan nafsu makan.

Jika jam biologismu kacau karena smartphone, seluruh fungsi tubuhmu akan kacau. Selain itu, layar biru pada smartphone juga berbahaya bagi kesehatan mata.

3. Tidur Tengkurap

Tidur Tengkurap

Tidur Tengkurap (Sumber: Business Insider)

Bagi beberapa orang, tidur tengkurap merupakan posisi favorit. Bagi kamu yang menyukai posisi tidur ini hati-hati ya. Tidur tengkurap ternyata juga tidak baik untuk kesehatan.

Saat tidur tengkurap, posisi leher dan kepala kita menghadap satu bagian tertentu, jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu lama, dapat menyebabkan sakit pada leher, kepala dan tulang belakang. Saat tidur tengkurap, posisi tulang belakang juga begitu menekan sehingga membuat sendi dan tulang belakang nyeri.

Tidur tengkurap juga membuat sirkulasi udara terhambat, itu dapat menyebabkan hypoxemia (kekurangan oksigen). Posisi tidur yang menekan bagian dada ini juga tak baik untuk perempuan karena bisa membuat payudara kendur.

4. Menggunakan Tusuk Gigi

Tusuk Gigi
Menggunakan Tusuk Gigi (Sumber: Laboratory Equipment)

Salah satu kebiasaan setelah makan adalah menggunakan tusuk gigi. Begitu masifnya kebiasaan ini dilakukan sehingga membuat restoran pasti menyediakan tusuk gigi di tiap meja makan.

Jika kamu salah satu pengguna setia tusuk gigi, mulailah kurangi penggunaannya. Ujung tusuk gigi yang lancip dapat melukai gusimu. Selain itu, tusuk gigi juga mengikis enamel gigi yang berfungsi melindungi gigi.

5. Malas Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Kebiasaan Buruk
Cuci wajah sebelum tidur (Sumber: Allure)

Padatnya aktivitas di siang hari membuat kita langsung terlelap di malam hari, kita pun kadang malas membersihkan wajah karena letih dan mengantuk. Malas mencuci wajah sebelum tidur buruk untuk kesehatan kulit wajah.

Dokter kulit merekomendasikan kita untuk mencuci wajah minimal menggunakan sabun cuci muka. Tidak mencuci wajah di malam hari dapat meningkatkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan pori-pori membesar, inflamasi, dan jerawat.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia