Kesehatan

Kebiasaan Buruk pada Weekend, Salah Satunya Tidur

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 08 Mei 2018
Kebiasaan Buruk pada Weekend, Salah Satunya Tidur
Ubahlah kebiasaan buruk di akhir pekan. (Foto: Pexels/Helena Lopes)

MUMPUNG masih di awal minggu, tulisan dari iStyle ini berguna buat kamu yang kerap menghabiskan weekend sampai lewat tengah malam.

Jumat malam memang akhir dari rutinitas selama seminggu. Thank God It's Friday, demikian seru semua pekerja. Pekerjaan terhenti sampai jam bubar kantor di hari Jumat. Saatnya hang out dengan teman-teman.

Boleh-boleh saja hang out dengan teman, clubbing bersama-sama, namun ada kebiasaan buruk pada akhir pekan yang ternyata tidak baik bagi tubuh. Pernah tidak kamu merasakan bila akhir pekan bukannya segar, malahan terasa letih dan lesu?

Ini berhubungan dengan kebiasaan buruk yang dilakukan pada akhir pekan. Bukan hanya karena clubbing saja, tapi tidur pun tidak baik di akhir pekan. Lho?

Laman iStyle mengungkapkan kebiasaan buruk di akhir pekan yang harus disingkirkan.


Tidur Sepanjang Hari

tidur
Jangan balas dendam tidur. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Akhir pekan saatnya balas tidur. Seberapa banyak kita melakukannya. Pasti semua orang melakukan hal ini. Balas dendam tidur seharian karena selama lima hari lalu waktu tidur sangat minim sekali. Baguskah?

Ternyata tidak! Hal ini akan mengubah sirkulasi ritme sirkadian tubuh dan hormon. Jelas akan mengganggu kesehatan tubuh. Sebenarnya bukan menebus tidur yang kurang yang harus dilakukan adalah mengatur kembali waktu tidur kamu yang cukup.

Kualitas tidur yang baik adalah lebih kurang delapan jam. Bila terpenuhi akan baik bagi kesehatan tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan bahwa tidur kurang dari lima jam semalam mampu meningkatkan risiko kematian dengan berbagai penyebab sampai 15%.


Pergunakan 20 Menit

olahraga
Pergunakan waktu 20 menit untuk bergerak. (Foto: Pexels/Keiji Yoshiki)

Ya hanya dengan 20 menit kamu sudah dapat sehati. Dengan 20 menit bergerak atau berolahraga ringan dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih bugar. Sayangnya waktu 20 menit itu kebanyakan dipergunakan orang hanya duduk atau rebahan di sofa, menonton TV atau membaca buku. Dengan 20 menit menurut penelitian University of South Carolina seperti yang dituliskan oleh laman iStyle, mampu mengurangi lemak hingga 1,6%.


Pulang Jangan Clubbing

clubbing
Sebaiknya sudah meninggalkan kebiasaan clubbing. (Foto: MP/Rizky Fitrianto)

Umumnya yang terjadi kebanyakan orang akan hang out atau clubbing di akhir pekan. Pulang ke rumah bisa sangat larut bahkan melewati tengah malam. Dibandingkan dengan hari kerja, weekend membuat orang berada di luar rumah lebih lama. Alasannya melepas kepenatan dari rutinitas. Memang tidak ada salahnya.

Selama hang out dengan teman-teman sebaiknya meminum air putih lebih banyak ketimbang minuman lainnya. Lebih baik menjauhkan diri dari alkohol. Batasilah diri kamu jangan pulang terlalu larut.

Yang terbaik adalah tetap pulang ke rumah dan beristirahat. Ini adalah waktu terbaik yang benar-benar membuat kamu dapat berstirahat total dan membuat badan jauh lebih santai. Jangan malah membuat badan menjadi lebih lelah.

Tak ada salahnya mengubah kebiasaan buruk di akhir pekan. Ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar dan baik bagi kesehatan. (*)

#Long Weekend #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan