Kebersihan Kamar Tidur Ancam Kesehatan, Lakukanlah Sterilisasi Ruangan! Menjaga kebersihan perabotan kamar tidur guna mencegah penyebaran bakteri (Foto: Pexels/NastyaSensei Sens)

KEBERSIHAN ruangan memengaruhi kenyamanan dan keamanan bagi kesehatan. Keadaan ruangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Periksalah kondisi ruang kamar tidurmu. Hindari penumpukkan kotoran pada satu bagian atau tempat memungkinkan jadi rumah kuman.

Melansir dari laman alodokter, bersentuhan dengan barang-barang yang kotor bisa menyebabkan perpindahan bakteri sehingga memicu gangguan kesehatan.

Baca juga:

Bebas Bakteri, Kamar ini Dibersihkan dengan Robot Canggih

Umumnya, bakteri yang sering ditemui dalam kamar tidur adalah e-coli, salmonella, hingga staphylococcus aureus. Perkembangbiakan bakteri terjadi setiap 20 menit sekali. Salah satu efek sammpingnya mengakibatkan tubuh mudah terjangkit penyakit infeksi.

1. Sterilisasi gagang pintu

Kebersiahan Kamar Tidur Ancam Kesehatan, Lakukanlah Sterilisasi Ruangan!
Pastikan kebersihan gagang pintu selalu terjaga (foto: Unsplash/Logan Ripley)

Hampir setiap hari, tanganmu bersentuhan dengan gagang pintu. Ternyata, membuka dan menutup pintu bisa menjadi sarang virus dan bakteri loh. Melansir dari laman alodokter, benda-benda yang sering bersentuhan dengan tangan seringkali terlupakan untuk dibersihkan. Tak heran, kuman dan bakteri berkembangbiak dan mengancam kesehatan.

Untuk mencegahnya, diperlukan kebiasaan dalam membersihkan gagang pintu dengan memakai kain lap atau tisu dan mencuci tangan setiap seminggu sekali. Biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 hingga 30 detik. Upaya ini bisa mencegah perpindahan kuman dan bakteri yang menyebabkan iritasi hingga infeksi kulit.

2. Menjemur kasur secara berkala

Kebersiahan Kamar Tidur Ancam Kesehatan, Lakukanlah Sterilisasi Ruangan!
Masa pakai kasur yang baik dan aman tidak lebih dari 8 tahun (Foto: Pexels/Wendelin Jacober)

Kebanyakan orang menggunakan tempat tidur dalam jangka waktu panjang. Tak jarang yang menggunakan kasur selama lebih dari 10 tahun. Kasur yang terlalu lama dipakai akan mengendapkan lebih dari 4,5 kilogram kulit mati.

Tentunya, hal ini bisa meerugikan kamu karena penumpukkan kuman yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, kamu perlu mengganti kasur secara berkala seperti tujuh atau delapan tahun sekali.

Kalau biaya menjadi halangan, kamu bisa menjemur kasur selama beberapa jam. Paparan sinar matahari bisa membunuh kuman dan bakteri yang mengintai.

Baca juga:

Warna Cat Kamar Ternyata Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur, Ini Penjelasannya

3. Hindari menumpuk baju kotor

Kebersiahan Kamar Tidur Ancam Kesehatan, Lakukanlah Sterilisasi Ruangan!
Hindari menumpukkan pakaian kotor terlalu lama (foto: anexactinglife)

Kebanyakan orang mengumpulkan pakaian kotor dalam satu wadah. Biasanya, diletakkan pada pojokan kamar sebelum dicuci. Pakaian kotor yang bercampur dengan keringat ataupun debu yang menempel bisa menyebarkan virus dan bakteri.

Menyimpan pakaian kotor terlalu lama di dalam kamar bisa membuat suhu ruang menjadi lembab sehingga bakteri pun lebih cepat berkembangbiak.

Untuk itu, hindari menumpukkan pakaian kotor dalam waktu lama. Kamu juga bisa menyemprotkan uap air untuk mengatur kelembapan udara.

4. Bersihkan celah sakelar lampu

Kebersiahan Kamar Tidur Ancam Kesehatan, Lakukanlah Sterilisasi Ruangan!
Rutin bersihkan sela-sela sakelar lampu (Foto: Unsplash/Wolfgang Mennel)

Bagian sela-sela sakelar lampu seringkali menjadi sarang bakteri. Umumnya, kotoran yang menumpuk dikarenakan ketidakrutinan membersihkan perabotan kamar. Penumpukkan kotoran ini biasanya terjadi karena permasalahan udara ataupun sentuhan tangan dalam keadaan kotor.

Kamu harus rajin membersihkan permukaan hingga sela-sela barang secara rutin. Setidaknya dilakukan setiap dua minggu sekali. Ada baiknya, saat melihat noda atau bintik hitam segera dilap. (dys)

Baca juga:

4 Hal ini Ternyata Bisa Membuat AC Kamar Tidur Kamu Cepat Rusak



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH