Ternyata, Banyak yang Ngopi dengan Cara Salah, ini Tips Sehat Minum Kopi Minum kopi ternyata ada caranya agar dapat manfaat maksimal. (Foto: Pixabay/stokpic)

KOPI bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi budaya. Kopi bisa dinikmati sepanjang hari, umumnya pada pagi atau sore hari ditemani kudapan. Indonesia juga merupakan salah satu penghasil kopi dunia. Ada banyak kopi asli Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara.

Seringkali, kopi dijadikan moodbooster sebelum beraktivitas, teman santai, dan teman bekerja hingga lembur. Kandungan kafein di dalam kopi dibutuhkan tubuh untuk melawan kantuk dan berfungsi sebagai dorongan energi.

Di balik itu semua, tahukah kamu, ternyata kebanyakan orang minum kopi dengan cara yang salah? Terutama kamu yang langsung menyeruput kopi setelah bangun tidur atau di bawah pukul 09.00.

Pada waktu itu, level kortisol atau hormon stress sedang berada pada tingkat tertingginya. Mengonsumsi kopi pada waktu tersebut tidak akan membuat kafein bisa bekerja secara maksimal.

Supaya lebih terasa manfaat kopi, simak 4 tips sehat minum kopi berikut ini, seperti dikutip dari iStyle.


1. Jangan Minum Kopi Terlalu Pagi

Minum kopi terlalu pagi membuat kafein enggak berefek maksimal. (Foto: Pixabay/pixel2013)
Minum kopi terlalu pagi membuat kafein enggak berefek maksimal. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Minumlah kopi di saat produksi kortisol dalam tubuh mulai berkurang. Biasanya sekitar 3-4 jam setelah kamu bangun tidur. Misalnya kamu bangun pada pukul 06.00 atau 08.00, mulailah minum kopi pada pukul 09.00-11.00.


2. Kurangi Tambahan Gula Pada Kopi

Sebaiknya kurangi penggunaan gula pada kopi. (Foto: Pixabay/cocoparisienne)
Sebaiknya kurangi penggunaan gula pada kopi. (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Ini mungkin saran yang paling sulit. Kebanyakan orang akan memilih menikmati kopi dengan pemanis seperti gula. Namun jika kamu bisa mengonsumsi kopi tanpa gula, lidah akan terbiasa menikmati rasa kopi yang sesungguhnya. Sebagai pengganti gula, gunakan krim untuk mengurangi rasa pahit pada kopi.

3. Minum Kopi Setelah Sarapan

Sebaiknya kamu minum kopi jangan dalam keadaan perut kosong. (Foto: Pixabay/congerdesign)
Sebaiknya minum kopi jangan dalam keadaan perut kosong. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Minum kopi saat perut kosong dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara drastis sehingga memunculkan keinginan yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan-makanan manis. Di sisi lain, minum kopi saat perut kosong juga bisa menunda rasa lapar kamu. Ini kurang baik buat sistem pencernaan tubuh karena kadar gula dalam darah akan turun drastis.

Tubuh pun jadi ingin mengonsumsi makanan manis dan menginginkan beberapa gelas kopi lainnya. Sebaliknya, jika kamu mengonsumsi kopi setelah sarapan, keinginan akan makanan-makanan manis tersebut bisa berkurang.


4. Jangan Minum Kopi di Atas Pukul 15.00

Minum kopi pada malam hari bisa mengganggu jam tidur. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Minum kopi pada malam hari bisa mengganggu jam tidur. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Larangan minum kopi pada malam hari banyak disarankan oleh para praktisi medis dan pakar kesehatan. Minum kopi pada sore atau malam hari dapat menganggu jam tidurmu dan efeknya bisa berlangsung selama 6 jam setelahnya. Tetapi sesekali boleh kok kalau kamu terjebak pada situasi yang memaksamu untuk terjaga semalaman untuk lembur kerjaan. Pokoknya jangan terlalu sering saja. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jelajahi Pulau Sumatra, ini Lima Danau Terkenal Wajib Kamu Singgahi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH