Kebanyakan Minum Air Putih Sebabkan Kematian, Kenali Tanda-Tandanya! Batasi konsumsi air putih (Foto: Unsplash/manu schwendener)

"MINUM banyak air putih ya" begitulah nasehat sederhana dokter untuk pasiennya. Apapun penyakit yang diderita, dokter selalu menyarankan agar pasiennya tidak kekurangan mengonsumsi air putih atau air mineral.

Air putih menjadi resep sederhana untuk memiliki tubuh sehat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan rutin meminum air putih. "Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membersihkan kulit, air sangat membantu kesehatan tubuh," ujar Penyelidik Kesehatan dan Keselamatan di ConsumerSafety.org, Morgan Statt sebagaimana dilansir dari Bustle.

Baca juga:

Gunakan Botol Minum Kemasan Sekali Saja

Meskipun menyehatkan, Statt mengatakan kebanyakan minum air putih bisa menyebabkan kadar natrium pada darah rendah. Kondisi ini disebut hiponatremia yang bisa membuatmu kelelahan, muntah, kebingungan, sakit kepala, dan lebih parahnya menyebabkan kematian.

Statt memperingatkan agar tidak minum lebih dari 27-33 ons cairan air setiap jamnya. Jumlah tersebut setara dengan tiga setengah sampai empat gelas. Lalu, apa saja tanda-tanda kamu kebanyakan minum air putih?

1. Sering buang air kecil

Buang air kecil lebih dari tujuh kali dalam sehari tidak sehat (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

Sering bulak-balik ke toilet untuk buang air kecil? Kalau iya coba perhatikan lagi berapa takaran air putih yang kamu minum hari ini. Seorang urogynecologist di University Hospital Case Medical Center, Sangeeta Mahajan MD mengatakan buang air kecil lebih dari tujuh kali sehari itu tidak normal. Mulai sekarang hitung ya berapa frekuensi buang air kecilmu dalam sehari.

2. Warna urin terlalu jernih

Warna urin ideal ialah kuning terang (Foto: Unsplash/HONG FENG)

Urin berawarna kuning pekat menandakan kamu kurang minum air putih. Namun, warna urin yang terlalu jernih menandakan kamu terlalu berlebihan minum air putih. Kata Statt, warna urin yang ideal ialah kuning terang.

Baca juga:

Meskipun Sehat, Minum air putih Bisa Berbahaya

3. keram

Kekurangan potassium membuatmu mudah keram (Foto: Unsplash/Imani Clovis)

Terlalu sering buang air kecil membuat kamu kehilangan potassium, yaitu zat mineral yang membuatmu ototmu rileks. Tanpa adanya potassium, kamu akan mudah terkena keram. Jadi waspada ya kalau kamu sering mengalami keram.

4. Mudah lelah

Kebanyakan minum air putih membuatmu mudah lelah (Foto: Unsplash/Christian Erfurt)

Kalau kata salah satu iklan produk air mineral, minum air putih membuatmu fokus. Tapi air putih yang dikonsumsi berlebihan justru malah membuat kamu mudah lelah. Soalnya, ginjal kamu bekerja terlalu keras untuk menyaring air mineral yang kamu konsumsi.

Sahabat Merah Putih, tetap batasi asupan air putihmu ya (ikh)

Baca juga:

Minum Air Putih Saja Selama 30 Hari Jika Ingin Kreatif

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH