Headline

Kebakaran Studio Pukulan Telak Bagi Industri Animasi di Jepang

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 19 Juli 2019
 Kebakaran Studio Pukulan Telak Bagi Industri Animasi di Jepang
Kebakaran hebat melanda studio animasi terkenal di Jepang, Kyoto Animation (Foto: axios)

MerahPutih.Com - Otoritas Jepang sampai saat ini masih menyelidiki peristiwa kebakaran yang diduga disengaja terhadap studio animasi terkenal "Kyoto Animation". Kebakaran tersebut menewaskan sekitar 30 orang dan beberapa orang menderita luka-luka.

Kebakaran studio itu menjadi pukulan telak terhadap industri animasi terkenal di Jepang tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Anime Jepang Terbaik yang akan Dikenang Sepanjang Masa

Kyoto Animation, yang berpusat di Ibu Kota Kuno Jepang, Kyoto, dikenal karena serangkaian film terkenal seperti "Sound! Euphonium". Filmnya "Free! Road to the World - The Dream" dijadwalkan diluncurkan pada bulan ini.

"Studio animasi tersebut memiliki dampak sangat besar pada industri animasi di Jepang yang melampaui daftar pekerjaan yang telah diproduksinya, "kata komentator film yang berpusat di Tokyo, Yuichi Maeda.

Salah satu karya legendaris Kyoto Animation
Salah satu karya legendaris Kyoto Animation yang terbakar, Kamis (18/7) (Foto: axios)

"Itu adalah salah satu perusahaan film animasi terbesar dan terbaik di Jepang, dan dengan hilangnya nyawa manusia, banyak tangan terbaik di bidang animasi di negeri ini tampaknya telah meninggal," kata Maeda, dengan suara gemetar, sebagaimana dilaporkan Reuters, Kamis, (18/7).

Lebih lanjut, peristiwa nahas ini bagi Maeda sebagaimana dikutip Antara menjadi tragedi bagi para penggemar animasi negeri Sakura.

-"Itu terlalu menyakitkan untuk diingat. "Perusahaan tersebut memiliki kehadiran sangat besar di dalam animasi di negeri ini. Untuk menyaksikan demikian banyak orang meninggal secara bersamaan akan menjadi pukulan sangat besar buat industri animasi Jepang," cetus Maeda.

Meskipun beberapa perusahaan, seperti "Studio Ghilbi" milik Hayao Miyazaki, sangat terkenal karena kejernihan adegannya dan penggunaan warna, atau gambar terperincinya, kekuatan Kyoto Animation, yang didirikan pada 1981, membentang ke seluruh dunia.

Baca Juga: Intip 'Trailer' untuk Film Weathering With You, Karya Anime Terbaru dari Makoto Shinkai

"Mereka benar-benar tak pernah melakukan kesalahan. Animasi sangat luar biasa, kualitas ceritanya benar-benar tinggi. Secara keseluruhan, kesimbangannya mengagumkan," ujarnya.

"... Mereka memiliki sangat beragam pekerjaan, stafnya yang dicintai semua orang. Mereka tidak membuat sesuatu yang orang benci. Peristiwa ini tak bisa dibayangkan," tutup Yuichi Maeda.(*)

Baca Juga: Weathering With You, Film Baru dari Makoto Shinkai akan Tayang Juli 2019

#Film Animasi #Sineas Jepang #Anime
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan