Kebakaran Melanda Katedral Bersejarah Notre Dame Paris Kebakaran hebat melanda Katedral Notre Dame, Paris (Foto: Twitter @prefpolice)

MerahPutih.Com - Katedral Notre Dame Paris dilanda kebakaran hebat pada Selasa (16/4) atau Senin (15/4) waktu Prancis.

Kebakaran gereja berusia sekitar 900 tahun milik Katolik Roma itu terjadi begitu cepat sehingga menghanguskan sebagian besar bangunan.

Sebagaimana diberitakan Reuters, informasi kebakaran pertama kali disampaikan juru bicara departemen kebakaran. Belum diketahui penyebab pasti si jago melahap bangunan tua tersebut.

Katedral Notre Dame kebakaran
Katedral Notre Dame, Paris kebakaran (Foto: Twitter @prefpolice)

"Asap terlihat mengepul keluar dari bagian atas katedral yang dibangun pada abad pertengahan tersebut. Api menjalar di samping dua menara lonceng," kata seorang saksi mata.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pemadaman. Sementara itu, juru bicara balai kota mengatakan daerah di sekitar lokasi kejadian disterilkan dari wisatawan.

Katedral yang sudah masuk dalam warisan dunia UNESCO tersebut tengah merayakan pekan suci. Sebuah tradisi Katolik untuk menyambut Paskah atau perayaan kebangkitan Isa Almasih. Terkait kebakaran tersebut, UNESCO lewat akun twitter resminya menyatakan kesedihan yang mendalam.

Sementara itu, Kepolisian Paris dalam sebuah tweet meminta warga untuk menghindari daerah itu dan memberi jalan bagi kendaraan penyelamat. Wali Kota Paris, Anne Hidalgo dalam tweet-nya menggambarkannya sebagai "api yang mengerikan".

"Dinas pemadam kebakaran Paris berusaha mengendalikan api," tulisnya di Twitter, meminta penduduk untuk menghormati penjagaan keamanan yang diterjunkan di sekitar lokasi.

Katedral Notre Dame Paris
Penampakan Katedral Notre Dame Paris sebelum kebakaran (Foto: France Tourism)

Katedral Notre Dame memiliki arti penting dalam sejarah perkembangan gereja Katolik Prancis. Bangunan kuno tersebut dibangun pada tahun 1163 pada masa pemerintah Raja Louis VII.

Sempat hancur akibat Perang Dunia Pertama, kemudian direnovasi kembali dengan tetap mempertahankan gaya arsitektur aslinya, gothic seperti Katedral Jakarta. Notre Dame artinya Bunda Kita, sebagai penghormatan kepada Santa Maria.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH