Kebakaran Hutan Kalimantan Barat Meningkat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 19 Agustus 2016
Kebakaran Hutan Kalimantan Barat Meningkat
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Kalimantan. (Foto: Twitter/@bornean)

MerahPutih Nasional - Titik api atau hotspot kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat meningkat secara signifikan dalam kurun waktu seminggu terakhir ini. Pada Jumat (19/8) pagi, satelit Modis dari NASA mendeteksi 158 hotspot di Kalimantan Barat.

Saat ini, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis telah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan berlaku 1 Juni 2016 hingga 1 September 2016. Selain itu, ia juga mengajukan surat permintaan kepada BNPB agar dibantu helikopter water bombing, hujan buatan dan helikopter patroli.

"BNPB menyiapkan dua helikopter water bombing. Perizinan terbang ke Kementerian Perhubungan masih diproses. BPPT menyiapkan pesawat terbang Casa TNI AU dan bahan semai untuk hujan buatan dan akan dimulai (hujan buatan) minggu depan," ucap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB melalui rilis, Jumat (19/8).

Pemantauan satelit Modis dari Lapan terdapat 339 hotspot pada Jumat pagi (19/8). Sebanyak 218 hotspot untuk hotspot dengan tingkat kepercayaan Sedang (30 - 79%) dan 121 hotspot untuk tingkat kepercayaan Tinggi (80 - 100 %). Jumlah tersebut tersebar di semua pulau besar di Indonesia.

Upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan oleh ribuan personel satgas terpadu dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar, relawan dan karyawan perusahaan perkebunan.

Sementara itu, jumlah hotspot fluktuatif setiap harinya. Kebakaran hutan dan lahan di Riau masih terjadi di beberapa tempat. Pantauan satelit menunjukkan sebaran asap atau gas CO2 menyebar hingga Selat Malaka. Namun demikian, belum memengaruhi kualitas udara di Malaysia dan Singapura. (Yni)

BACA JUGA:

  1. BNPB: Satelit Deteksi 482 Hotspot Kebakaran Hutan di Wilayah Indonesia
  2. Rawan Terjadi Kebakaran Hutan, Ukraina Siap Bantu Indonesia
  3. SP3 Kasus Kebakaran Hutan Riau, Setara Institute: Jokowi Hanya Janji
  4. Setara Institute Kecam SP3 Kasus Kebakaran Hutan Riau
  5. Pembakaran Hutan Kembali Terjadi di Riau
#Kalimantan Barat #Sutopo Purwo Nugroho #Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan