Kebakaran di Museum Bahari Diduga Akibat Korsleting Listrik

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 16 Januari 2018
Kebakaran di Museum Bahari Diduga Akibat Korsleting Listrik
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di Museum Bahari Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta, Selasa (16/1). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

MerahPutih.com - Kebakaran yang menghanguskan sebagian bagunan cagar budaya Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara diduga akibat hubungan arus pendek. Ternyata bukan sekali ini saja terjadi korsleting listrik di Museum Bahari.

Kepala UPT Museum Kebaharian Jakarta, Husnizon Nizar mengatakan belum mengetahui penyebab pasti kebakaran, tetapi diperkirakan akibat arus pendek/korsleting listrik dari Gedung C.

"Awalnya Gedung C blok 3 yang terbakar. Kami belum dapat kepastian, tetapi petugas di blok itu bilang karena korsleting listrik," katanya Jakarta, Selasa (16/1) seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, korsleting listrik terjadi beberapa kali di Museum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara itu, tetapi tidak sampai menimbulkan kebakaran.

Menurut Husnizon koleksi pertempuran Laut Jawa dan Selat Sunda hasil kerja sama dengan Kedubes Inggris, Belanda, AS, dan Australia yang berada di dalam Gedung C Museum Kebaharian Jakarta ikut terbakar.

"Koleksi terbakar sedang diinventarisasi, tetapi bisa dijelaskan alat nagivasi laut, miniatur perahu tradisional, dan satu ruangan perang Laut Jawa hasil kerja sama dengan empat kedubes (terbakar)," ujarnya.

Dijelaskan Husnizon, gedung yang terbakar adalah Gedung C blok dua dan tiga yang berisi koleksi navigasi laut, kapal tradisional dan koleksi pertempuran Laut Jawa serta Gedung A blok empat dan lima yang berisi diorama tentang sejarah pelaut internasional dan sejarah berkaitan dengan kelautan Nusantara. (*)

#Museum Bahari #Kebakaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan