Kebahagiaan Datang dari Pemikiran Positif

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 10 Oktober 2022
Kebahagiaan Datang dari Pemikiran Positif
Pemikiran positif akan mendapatkan hasil yang baik. (foto: freepik/rawpixels)

UNTUK mencapai sebuah kebahagiaan, seseorang rela melakukan apa saja. Mulai dari mencari kebahagiaan yang gratis hingga merogoh saku untuk membeli sebuah kebahagiaan. Namun, bahagia itu ternyata sederhana dan kamu bisa dapatkan secara cuma-cuma.

Salah satunya dengan selalu berpikir positif. Dengan cara ini, kamu bisa melihat sesuatu tanpa melihat sisi negatif dan mengambil hikmah di balik masalah yang menimpa. Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selain memulai dengan pemikiran positif.

BACA JUGA:

Kebahagiaan Datang saat Kita Membahagiakan Orang Lain

Berpikir positif akan melahirkan kebiasaan-kebiasaan lebih semangat untuk menjalani hidup. Karena jiwa dengan pemikiran positif akan mendapatkan hasil yang baik, sebaliknya berpikir negatif akan menebarkan suasana negatif pula.

bahagia

Berpikir positif akan membuat kita jauh lebih tenang. (foto: freepik/wayhomestudio)

Menurut psikolog UGM, Susetyo,berpikir positif merupakankemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang dihadapi. Berpikir positif tidak akan datang dengan sendirinya melainkan sebuah keterampilan yang harus dipelajari.

Kerangka berpikir positif meningkatkan motivasi untuk sukses dan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Itu akan membuat kamu percaya bahwa yakin apa yang akan kamu inginkan. Ini pun akan memotivasi kamu untuk mencapai lebih dari yang kamu harapkan.

Dengan memiliki pikiran yang positif, kehidupan kamu juga akan menjadi lebih baik serta bahagia. Selain itu, berpikir positif akan membuat kita jauh lebih tenang, lebih terbuka dan terkadang ide baik pun akan bermunculan.

BACA JUGA:

Pentingnya Tanamkan Kebahagiaan pada Anak

Seperti melansir dari Psychology Today, bahwa bahagia itu nyata datang dari diri kita sendiri dan masalah sikap. Sering kali kebahagiaan tidak bergantung dari sekeliling kita melainkan bahagia itu datang dari sendiri.

Misalnya, saat kita hanya melakukan hal sepele dan seseorang mengucapkan terima kasih, dengan sopan penuh ketulusan dan senyum yang ikhlas kepada kita. Bukankah kamu akan merasa bahagia untuk melihat senyum seseorang yang tulus meskipun tanpa pamrih? Nah, sudah jelas, ini semua bagaimana kita menyikapinya.

positive thinking

Terkadang ide baik akan bermunculan saat kita berpikir positif. (foto: freepik/rawpixels)

Dalam buku The Miracle Of Positive Thinking, dikatakan bahwa dengan memiliki pemikiran yang positif, hal tersebut akan membawa kita pada kebahagiaan dengan melakukan tindakan yang benar. Maka kita akan terhindar dari berbagai perangkap hal negatif. Seperti salah satu kepercayaan, bahwa setiap tindakan yang kita lakukan, maka kita akan menuai reaksi serta hasilnya.

Hasilnya memang benar bahwa orang yang positif membawa kesan kegembiraan. Memberi semangat yang akan menular untuk sekitar, serta bagaikan cahaya yang memberi energi di lingkungan mereka dan membuat hubungan menjadi lebih harmonis dan bahagia saat bersama. Maka, benarkan, bahagia itu sederhana.(dgs)

BACA JUGA:

Benarkah Membeli Kebahagiaan itu Lebih Penting?

#Kesehatan Mental #Lipsus Oktober Bahagia
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan