Keuangan

Keadaan Finansial Harus Fit

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 16 Maret 2021
Keadaan Finansial Harus Fit
Program bank ini membaut kamu memiliki kondisi finansial yang fit. (Foto: Unsplash/Micheile Henderson)

BUKAN cuma tubuh yang harus fit. Keadaan finansial kamu juga harus fit. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat permasalahan umum tentang finansial yang terlebih dahulu harus dibenahi. Salah satunya adalah mindset generasi yang mengejar ‘ingin kaya’.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari mindset seperti ini. Tapi sayangnya prinsip ingin jadi kaya tidak diikuti dengan pengetahuan yang tepat. Keadaan finansial akhirnya jauh dari fit.

Baca juga:

Tips Cerdas Menjadi Juara Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Untuk itu, bank ini meluncurkan solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP untuk memberdayakan generasi Indonesia agar memiliki kondisi financially fit. Prinsipnya ialah menggeser mindset dari getting rich menjadi getting fit.

Menjadi kaya itu relatif. (Foto: Unsplash/Mufid Majnun)

Menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur, sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya. Mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi sampai dengan investasi akan menuntun kamu mencapai kondisi financially fit.

Solusi Finansial Fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan. Ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan. "Kami menyadari bahwa membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar," ujar Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP dalam temu pers daring, Senin (16/3).

Baca juga:

Cara Mempersiapkan Dana Darurat Selama COVID-19 Menurut Perencana Keuangan

Menurut Ka Jit, langkah-langkah tersebut ialah meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour), dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru. Dengan begitu, kamu dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat.

Pengetahuan soal finansial harus ditingkatkan. (Foto: Unsplash/bady abbas)

Ka Jit mengatakan program ini fokus untuk mengedukasi, mengarahkan, mendukung, dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik dengan menghadirkan beberapa fitur. "Kami terus berinovasi untuk menghadirkan solusi literasi keuangan yang dapat diterima baik oleh generasi Indonesia," tambah Ka Jit.

Misalnya produk ini memiliki program layaknya kebugaran. Akan ada bimbingan dan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik. Caranya dengan membangun daya tahan (endurance) melalui tabungan berjangka. 'Otot' finansial juga akan diperkuat dengan melakukan investasi sebesar Rp20 ribu setiap harinya.

Kemudian ada wadah saling berbagi dan mendukung menuju masyarakat yang financially fit. Untuk mewujudkannya, bank ini berkolaborasi dengan berbagai komunitas. Tidak hanya itu, hadir pula kelas edukasi dengan narasumber ahli membahas isu finansial yang sedang hangat.

"Saya berharap Solusi Financial ini bisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda, menjadikan mereka financially fit," tutup Ka Jit. (ikh)

Baca juga:

4 Hal ini Bikin Kantong Milenial dan Gen Z Jebol!

#Bank #Keuangan #Masalah Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan