"Ke Yogya Gak Lengkap Kalau Gak ke Pasar Beringharjo" Pasar Beringharjo, Yogyakarta. (Foto MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Pasar Beringharjo merupakan pasar andalan Yogyakarta dalam jual beli cinderamata khas Jawa. Di sini tersedia berbagai jenis pakaian batik dan suvenir unik. Mulai dari kaos batik, celana batik, kemeja batik, selendang batik, sepatu dan sandal batik, hingga berbagai jenis pakaian wanita bermotif batik. Begitu juga dengan suvenir, mulai dari miniatur wayang, sepeda ontel, gantungan kunci batik, hingga berbagai pernak-pernik lainnya.

Harga yang ditawarkan sangat murah bila pembeli teliti. Sebaliknya, bila tidak teliti justru menjadi "sasaran empuk" pedagang. Misalnya, harga kaos batik mulai dari Rp12.500 hingga Rp40.000. Harga kemeja batik mulai Rp25.000 hingga Rp75.000. Harga blus batik dari Rp25.000 hingga Rp90.000. Bila tidak teliti atau tanpa tawar-menawar, harga-harga tersebut akan dinaikkan dua kali lipat.

Pasar Beringharjo menyediakan berbagai jenis motif batik. Mulai dari batik khas Pekalongan, batik khas Solo, batik khas Cirebon, hingga batik Jogja. Begitu pula suvenirnya, mulai dari suvenir kerajinan tangan khas Solo hingga kerajinan tangan Jawa Timur.

Tak hanya itu, di sisi lorong paling utara pasar terdapat banyak pedagang barang-barang antik. Di tempat ini wisatawan dapat menemui barang-barang antik seperti uang kertas dan koin jadul, pernak-pernik tradisi Jawa seperti keris, hingga perkakas yang dibuat di era 40-an.

Salah seorang wisatawan asal Tangerang, Teti, mengaku sengaja berbelanja ke wisatawan dapat menemui barang-barang antik seperti uang kertas dan koin jadul, pernak-pernik tradisi Jawa seperti keris, hingga perkakas yang dibuat di era 40-an.

Karena terkenal murahnya. Menurutnya, ia sudah menyisihkan uang perjalanan wisatanya untuk berbelanja batik. "Gak lengkap kalau gak ke pasar batik Beringharjo. Semua taulah, ini pusatnya pasar batik di Jogja. Jadi ke Jogja itu harus pulang bawa batik," paparnya saat berbincang dengan merahputih.com di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (25/2).

Letak Pasar Beringharjo cukup strategis bagi wisatawan. Berada tak jauh dari Malioboro, Titik Nol Kilometer, Alun-Alun Utara, dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Pasar Beringharjo buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Pasar ini terbilang tertib. So, bagi Anda yang hendak berbelanja batik dengan harga murah, datanglah ke pasar bersejarah ini. (fre)

BACA JUGA:

  1. Pasar Beringharjo, Sejarah Pilar Catur Tunggal Kerajaan
  2. Nikmati Liburan Seru di Pulau Lengkuas Belitung
  3. Masjid Pacinan Tinggi Jejak Muslim Tionghoa masa Kesultanan Banten
  4. Benteng Martello, Wisata Bersejarah Pulau Kelor
  5. Danau Kaolin, Pesona Kawah Putihnya Belitung


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH