Kuliner

Ke Cirebon, Tak Beli Tahu Gejrot, Tak Afdol!

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 10 Oktober 2018
Ke Cirebon, Tak Beli Tahu Gejrot, Tak Afdol!
Tahu gejrot kulienr khas Cirebon. (Foto: intagram@ferdiansahhidayat)

CIREBON sudah berubah menjadi destinasi wisata populer belakangan ini. Dengan berbagai atraksi wisatanya, Cirebon menjadi tujuan menghabiskan akhir pekan warga yang tinggal di kota-kota besar di Pualau Jawa. Salah satu yang kerap diburu wisatawan adalah kuliner. Kekhasan kuliner Cirebon masuk dalam daftar yang harus wisatawan kunjungi.

Kuliner yang selalu diburu seperti empal Gentong, nasi jamblang, nasi lengko dan tahu gejrot. Kurang lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner khas Cirebon tahu gejrot.

Kuliner asli daerah Ciledug, Kabupaten Cirebon ini memang sederhana namun karena kesederhanaannya itulah yang kemudian menjadi favorit. Tahu gejrot dibuat dari bahan dasar tahu goreng yang dipotong kecil dan disiram dengan bumbu kuah berwarna coklat. Tentunya cita rasa pedas tak dilupakan begitu saja. Biasanya level pedas disesuaikan selera pembelinya. Cabai-cabai rawit akan diulek terlebih dahulu baru dicampurkan dengan kuah berwarna cokelat bening yang rasanya asam.

tahu gejrot
Tahu gejrot kuliner yang menyegarkan. (Foto: imgrum.pw)

Salah satu tahu gejrot legendaris di kota Cirebon adalah tahu gejrot Pak Wardi yang ada di pertigaan Pecinan, Pasar Kanoman. Pemiliknya Bu Wardi mengatakan tahu gejrot Pak Wardi sudah ada sejak tahun 1972. Pertama kali tahu gejrot Pak Wardi berjualan di Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon, kemudian sepuluh tahun terakhir pindah ke tempat berjualannya saat ini.

"Kalau mulai jualan tahu gejrot ini sejak tahun 1972 tapi kalau jualan di tempat ini baru 10 tahun," katanya.

Menurut Bu Wardi, konsumennya bukan saja warga Cirebon, tapi banyak wisatawan dari luar kota yang menjadi pelangga setianya. Disebutkannya, menurut para pelanggan tahu gejrot Pak Wardi berbeda dengan yang lainnya.

Tahu yang dipakai, sambungnya, diambil langsung dari pabrik tahu di Ciledug. Sedangkan untuk bumbu kuah ada racikan tersendiri, tetapi bahan-bahannya sama seperti gula merah, bawang merah, bawang putih dan garam.

tahu gejrot
Tahu gejrot Pak Wardi yang paling legendaris. (Foto: MP/Charles)

Harus diakui bahwa tahu gejrot memang terlihat sama saja. Namun tahu gejrot ini berbeda rasa dan tekstur tahunya. Ini yang membuat tahu gejrot Pak Wardi berbeda. Bisa jadi karena pengalamannya yang sudah puluhan tahun jadi tahu bagaimana membuat tahu gejrot yang lezat.

Satu porsi tahu gejrot Bu Wardi ini dijual dengan harga Rp10 ribu. Dalam sehari, Bu Wardi bisa menjual hingga 6000 potomg tahu dan jika musim libur bisa mencapai 10 ribu potong tahu. Selain di makan di tempat, Bu Wardi juga menyediakan tahu gejrot kemasan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan dengan harga Rp30 ribu berisi 50 tahu. (*)

Baca juga: Malang, Labuan Bajo dan Sumba Jadi Daerah Wisata Paling Populer Versi Google Indonesia

Tulisan Charles, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Tahu Gejrot
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan