Ke Belitung, Jangan Lupa Cicipi 4 Makanan Ini Makanan khas Belitung rata-rata berkuah gurih (Foto: Instagram/anch_ao)

Bicara soal kuliner, Indonesia memang juaranya. Masing-masing daerah menyuguhkan kuliner khasnya yang tentu sedap di lidah. Nah, Belitung pun punya berbagai kuliner khas yang wajib Anda coba. Sudah pernahkah Anda mencoba keempat kuliner khas Belitung ini?

1. Mie Belitung/Belitong

Mie Belitung, makanan khas Belitung yang lezat (Foto: Instagram/godecz)

Bayangkan kuah udang yang gurih dan kental, dicampur mie kuning kenyal, tauge, irisan tahu goreng, udang basah kupas, timun, bawang goreng emping, dan cabe rawit tumbuk khas Belitung yang harum. Nyam! Sahabat MerahPutih lapar wajib mencicipi kuliner satu ini saat berkunjung ke Belitung.

2. Gangan

Gangan, kuliner ikan asam pedas segar khas Belitung (Foto: Instagram/indriaindi)

Serupa sup ikan, santapan satu ini sedikit berbeda karena kuahnya yang berwarna kuning terang. Bahan dasarnya adalah ikan ketarap, tenggiri, atau baronang. Ikan tersebut kemudian diolah bersama rempah seperti kunyit, lengkuas, kemiri, asam, dan beberapa bahan lainnya, serta irisan nanas.

Di beberapa tempat, gangan disajikan bersama nasi yang dibungkus daun simpor, daun berukuran besar asli Belitung yang juga dijadikan motif batik. Gangan merupakan makanan khas yang bisa ditemukan di restoran atau pun di rumah-rumah, karena makanan asam pedas ini memang menjadi ciri khas Belitung.

3. Suto Belitung

Suto belitung, serupa ketupat sayur tapi berbahan lontong (Foto: Instagram/try.toescape)

Bentuknya bisa jadi mengingatkan pada ketupat sayur, tapi cita rasanya berbeda. Suto Belitung ini justru lebih mirip dengan Mie Belitung, karena disajikan dengan kuah kari iga sapi yang kental dan juga berwarna kuning. Untuk isinya, ada lontong, bihun, irisan daging, dan emping. Hem, pastinya nikmat, ya.

4. Berego

Berego yang kenyal dan gurih (Foto: Instagram/nuriyazizah)

Berego merupakan kudapan khas dari Belitung yang terbuat dari tepung beras putih dan sagu. Bentuk berupa potongan bulat-bulat seperti kwetiau yang digulung. Berego ini disajikan bersama dengan kuah kari ikan bersantan, ditambah taburan bawang goreng.

Itu dia keempat kuliner khas Belitung versi merahputih.com, mana yang sudah Anda cicipi? Baca juga artikel lainnya di sini: Di Belitung, Pulau Kosong Pun Menarik dan Wisata Ke Pulau Leebong, Coba 5 Olahraga Air Ini.



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH