KBRI Kawal Pemulangan Jenazah Eril ke Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 09 Juni 2022
KBRI Kawal Pemulangan Jenazah Eril ke Indonesia
Emmeril Khan Mumtadz. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, telah ditemukan pada Rabu (8/6), pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau sekitar pukul 11.50 WIB. Setelah dinyatakan hilang sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, secara resmi mengumumkan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah meninggal dunia.

Baca Juga:

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan di Bendungan Engehalde

"Sesuai prosedur yang berlaku tim foresnik melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah Ananda Eril," ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, Kamis (9/6).

Dubes memaparkan, sesuai hukum yang berlaku di Swiss, akan dilaksanakan serah terima jasad dari pihak Kepolisian kepada keluarga. Selain itu, KBRI akan melakukan pengawalan di Indonesia.

"Kami mohon doa agar proses kepulangan Eril ke Indonesia dapat lancar," ungkap Muliaman.

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan KBRI Bern mendengarkan pengarahan dari polisi maritim terkait upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di Kota Bern, Swiss, Selasa (31/5/2022). (ANTARA/HO-KBRI Bern)
Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan KBRI Bern mendengarkan pengarahan dari polisi maritim terkait upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di Kota Bern, Swiss, Selasa (31/5/2022). (ANTARA/HO-KBRI Bern)

Pihak keluarga Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil yang diwakili oleh Elpi Nazmuzaman berharap, jenazah bisa tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6) atau Minggu (12/6).

"Pada dasarnya akan kami lakukan secepat-cepatnya. Sejauh yang memungkinkan, tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung," katanya, dalam jumpa pers daring yang diikuti dari Bandung, Kamis malam.

Elpi mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepolisian Bern, Kepolisian Maritim Bern, Pemerintahan Kota Bern dan Pemerintahan Federal Swiss, juga kepada KBRI di Swiss, yang tidak henti-hentinya melaksanakan fungsi perlindungan warga negara Indonesia.

Baca Juga

Heinrich, Warga Lokal Swiss yang Pertama Mencari Putra Ridwan Kamil

"Juga kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu satu, di antaranya ada beberapa kerabat Kang Emil di Eropa dan diaspora," katanya.

Paman dari Eril itu mengatakan, pada hari Senin, tanggal 6 Juni, pihaknya telah menyerahkan urusan pencarian keponakannya untuk dikoordinasi penuh kepada pihak KBRI di Swiss.

"Pada hari ini alhamdulillah pihak KBRI mendapatkan informasi bahwa upaya pencarian telah bertemu pada takdir yang ditetapkan yaitu semoga pertemuan kami dan Eril dalam keadaan yang Allah ridhai," tutup Elpi. (Knu/ ImanHa)

Baca Juga:

Hingga Radius 29 Kilometer di Sungai Aare, Eril Tak Kunjung Ditemukan

#Ridwan Kamil #Swiss
Bagikan
Bagikan