Kayu Manis dan Cengkeh, Rempah-Rempah Pengusir Diare Kayu manis atasi diare. (Foto: Pixabay)

DIARE merupakan kondisi feses encer dengan frekuensi lebih sering ketimbang biasanya. Makanan dan minuman terkontaminasi mikroorganisme merupakan penyebabnya. Gangguan ini dapat menyerang siapa pun.

Biasanya, satu hingga dua kali dalam setahun. Hayo, sadar enggak? Saat diare menyerang orang biasanya langsung mencari norit atau obat lain.

Sementara kayu manis dan cengkeh jarang terpikir. Padahal, dua rempah-rempah ini ampuh meredakan serta mengusir diare. Caranya, minum air rebusan kayu manis dan cengkeh tiga kali dalam sehari.

Selain diare, kayu manis dan cengkeh juga mengandung khasiat lain. Berikut sederet manfaat yang diberikan herbal tersebut.

1. Mengatasi sembelit

Sembelit
Kayu manis dan cengkeh atasi sembelit. (Foto: Pixabay)

Jika diare dapat diusir dengan kayu manis dan cengkeh, ternyata sembelit pun demikian. Sembelit akibat susah buang air besar dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan kayu manis dan cengkeh pada pagi hari. Enggak percaya? Silakan coba sendiri!

2. Menurunkan berat badan

Sudah cukup banyak perempuan mengetahui manfaat satu ini. Karena itu mereka kerap meminum air rebusan kayu manis dan cengkeh untuk menurunkan berat badan. Efeknya, proses pembakaran lemak menjadi lebih baik dan berat badan pun berkurang.

3. Meredakan gejala diabetes

Diabetes
Kayu manis dan cengkeh meningkatkan fungsi hormon insulin. (Foto: Pixabay)

Diabetes menjadi momok menakutkan. Apalagi bagi orang berusia lanjut. Apabila memiliki riwayat diabetes, kamu sebaiknya rajin menyeruput air rebusan kayu manis dan cengkeh. Keduanya berguna meningkatkan fungsi hormon insulin.

4. Melancarkan haid

Siklus haid perempuan kadang tidak teratur. Ketika kasus ini menimpamu, kamu dapat mengatasinya dengan minum air rebusan cengkeh dan kayu manis. Lebih simpel daripada meracik kunyit asam karena bisa membuat jari-jari tangan kuning jika tidak apik.

5. Menghalau flu

Influenza
Air rebusan kayu manis dan cengkeh halau flu. (Foto: Pixabay)

Flu bisa menyerang siapa saja, baik di musim panas maupun panas. Tatkala flu menyerang, minum lah air rebusan cengkeh dan kayu manis tiga kali dalam sehari. Minum selagi hangat, ya. Biarkan uap air hangat mengenai hidung agar napas kembali lancar.

6. Mengusir radang tenggorokan

Sama halnya dengan flu, radang tenggorokan bisa menyerang kapan saja. Apalagi kalau kamu sedang senang minum air es. Air rebusan kayu manis dan cengkeh merupakan solusi ampuh pengusir radang tenggorokan.

7. Mengobati sakit gigi

Cengkeh
Cengkeh obati sakit gigi. (Foto: Pixabay)

Nenek kita dahulu kerap membawa cengkeh ke mana pun mereka pergi. Lalu mengunyahnya selama di perjalanan. Alasannya untuk mengharumkan aroma mulut. Padahal, selain itu, cengkeh juga ampuh sebagai penghilang rasa nyeri saat sakit gigi.

8. Mengobati demam

Demam juga ternyata bisa diobati dengan cengkeh. Buat lah air rebusan cengkeh. Jika tidak ingin repot, buat sekaligus banyak. Lalu masukkan dalam botol besar. Setelah itu minum tiga hingga lima kali dalam sehari.

Itulah manfaat kayu manis dan cengkeh. Tidak semua orang tahu. Mungkin kamu salah satunya. Namun, dengan membaca artikel ini kamu sekarang jadi tahu aneka khasiat dua rempah-rempah ini. (*)

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH