Kayak Canggih Super Ringan Bantu Manuver di Air Memiliki bobot hanya 18 kg. (Foto: gearjunkie)

KAYAK model sit-on-top menjadi sangat populer di kalangan pemancing. Dimensi kayak model ini lebar, berat, dan berbahan plastik. Berbeda dengan kayak Tyr keluaran Apex Watercraft yang licin, ringan, dan terbuat dari serat karbon.

Kaya ini berasal dari ide Eric Jackson, juara dunia empat kali whitewater, juara kayak pemancing, dan pendiri perusahaan perahu terkenal Jackson Kayak. Bergabung dengannya di tim Apex salah satunya ialah Russ Emanis yang jago di bidang komposit di perusahaan Lockheed Martin. Ada juga Bob Blair, yang merancang paddleboards balap.

Baca juga:

Seafloat, Teknologi Meminimalkan Kerusakan Dasar Laut Akibat Jangkar Kapal

1
Mampu menjelajah di perairan dangkal. (Foto: hiconsumption)

Dilansir laman New Atlas, kayak ini memiliki badan foam-core yang dibalut dengan cangkang serat karbon. Kayak ini berbobot 18 kg, sebagai perbandingan, kayak berbahan plastik khusus memancing model sit-on-top memiliki bobot mulai dari 27 kg.

Kayak milik Jackson memiliki lambung datar yang memungkinkannya menjelajah ke perairan yang cukup dangkal tanpa keluar dari dasar. Meskipun memiliki lambung datar umumnya tidak menapak seperti lambung kapal yang bisa dibalik, sebuah sirip di bagian bawah diklaim membantu posisi tetap lurus sambil bermanuver.

Bagian busur Tyr juga tidak bisa luput dari perhatian. Dirancang untuk secara cepat memotong dan melawan gelombang dari atas. Setiap air yang masuk ke kokpit mengalir ke belakang buritan terbuka. Artinya kayak tidak memerlukan lubang scupper (drainase), yang menurut Jackson dapat meningkatkan seretan dan kebisingan air.

Baca juga:

Kapal ini Punya Teknologi Berlayar Lebih Jauh

2
Harga eceran akan dijual sekitar Rp 160 juta. (Foto: newatlas)

Pengayuh duduk di kursi terbuat dari serat karbon yang berputar dari sisi ke sisi, dan dapat digeser kedepan atau belakang hingga 30,5 cm. Peralatan disimpan di kompartemen kargo depan, palka di antaranya ditutup rapat secara magnetis. Magnet neodymium terintegrasi di area lain memungkinkan benda logam (seperti alat atau umpan) disimpan di tempatnya tanpa menggunakan tali atau klem.

Kamu tertarik? Tyr yang saat ini menjadi subjek kampanye Kickstarter dibandrol USD 7.999 atau sekitar Rp117 juta. Selain satu unit kayak, kamu juga mendapatkan bonus alat pancing dan dayung serat karbon. Kabarnya harga ecerannya dijual sekitar Rp160 juta. (lgi)

Baca juga:

Macho! Brabus Marine Crafts, Speedboat "Black-Ops" 900 Daya Kuda

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH