KAWS Gelar Pameran Tunggal di London dalam Metaverse

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 20 Januari 2022
KAWS Gelar Pameran Tunggal di London dalam Metaverse
KAWS gelar pameran di London dan dalam Metaverse. (Foto: KAWS)

APA jadinya karya seniman dipamerkan menggunakan inovasi teknologi? Hal ini akan coba diwujudkan oleh Seniman dan desainer ternama Amerika, KAWS lewat pameran tunggalnya di London. Pameran ini juga menjadi lanjutan yang sebelumnya ia gelar di Rockefeller Center dan Marina Bay beberapa waktu lalu.

Di pameran kali ini KAWS berkolaborasi dengan Acute Art, Epic Games, dan Serpentine Galleries. Selain pameran tunggal perdananya di London, pameran ini jadi semakin spesial karena KAWS menggelar pameran di dalam Metaverse. Pameran bertajuk New Fiction ini bakal menghadirkan karya-karya KAWS dalam bentuk fisik maupun augmented reality.

Baca Juga:

Indonesia Jadi Mitra Pameran Industri Jerman Secara Daring

Seperti dilansir laman Hypebeast (20/1), hal menarik lainnya ialah pameran ini merupakan kolaborasi KAWS dengan Epic Games setelah sebelumnya sempat membuat project Halloween Skin Pack. Ini adalah pertama kalinya Fortnite bikin pameran di dunia nyata yang bisa diakses secara virtual oleh jutaan pemainnya di seluruh dunia.

Berkolaborasi dengan Epic Games dan Acute Art. (Foto: KAWS)

VP Global Partnerships Epic Games Nate Nanzer, mengatakan kalau seni dan creative culture memang sudah jadi inspirasi sehari-hari dari para user dan pemain mereka. "Kami sungguh senang atas kolaborasi ini bisa membawa karya-karya KAWS ke audiens global yang lebih diverse. Dalam tahun-tahun ke depan, kami rencananya akan melanjutkan investasi di area ini," ujarnya.

Baca Juga:

Pameran Daring LAWAN, Berani Baru Perupa Kota Tua Merespon Pandemi

Tujuan lain dari New Fiction adalah menjembatani untuk mengenalkan karya seni ke semua users atau pemain Fortnite. Lewat wawancara dengan Guardian, KAWS alias Donnelly mengatakan, "Pertama kalinya para pemain video game punya pengalaman melihat lukisan maupun instalasi seni dalam video game, tempat yang unik dan tidak biasa dengan cara seperti itu."

Pameran ini bertajuk New Fiction. (Foto: KAWS)

New Fiction saat ini sudah bisa diakses lewat halaman Discover dari Fortnite, aplikasi Acute Art, dan secara fisik berlangsung di North Gallery dari Serpentine di London, Inggris sampai 25 Januari 2022.

Brian Donnelly atau yang biasa dikenal sebagai KAWS adalah seorang seniman dan desainer Amerika. Karyanya mencakup penggunaan berulang-ulang karakter figuratif dan motif. Beberapa karyanya juga berasal dari awal kariernya pada 1990-an yang awalnya dilukis dalam 2D dan kemudian diwujudkan dalam 3D. (rey)

Baca Juga:

Galeri Nasional Indonesia Membuka Pameran MANIFESTO VII 'PANDEMI' Secara Daring

#Pameran Seni #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan