Kawasan Pariwisata Nasional Kerinci Seblat Jadi Prioritas Pemprov Jambi Gubernur Zumi Zola Hadiri Rapat Program Prioritas Jambi di Istana Negara (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan salah satu prioritas pembangunan ke pemerintah pusat yakni penguatan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kerinci Seblat di Kabupaten Kerinci.

Gubernur Jambi Zumi Zola, di Jambi, Minggu, mengatakan Pemprov Jambi membutuhkan keterpaduan program lintas sektor, antara lain pengembangan dan peningkatan status Bandara Depati Parbo Kerinci yang sebelumnya merupakan bandara skala kecil diharapkan menjadi bandara sekunder, kemudian pelebaran ruas jalan nasional batas Kabupaten Kerinci-S. Penuh-Tapan/batas Sumatera Barat.

"Permohonan dukungan terhadap KSPN Kerinci Seblat menjadi prioritas destinasi wisata skala nasional serta permohonan izin survei dalam penyusunan studi kelayakan dan detail engineering design (DED) pembangunan," kata Zumi Zola sebagaimana dilansir dari Antara Minggu (23/4)..

Saat pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, Zola mengatakan bahwa dirinya juga menginformasikan bahwa Provinsi Jambi memiliki dua kabupaten/kota yang dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Selain itu, Jambi juga memiliki Gunung Kerinci yang merupakan gunung aktif dengan kondisi permukiman penduduk berada pada jarak radius lebih kurang 5 kilometer dari pusat aktivitas masyarakat dengan kepadatan tinggi.

Pantai Berhala Jambi

Wisata Jambi Pantai Berhala (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

"Saat ini jalan satu-satunya yang menjadi jalur evakuasi ke luar wilayah adalah ruas jalan nasional. Di sisi lain, kami juga mendorong perwujudan kebijakan nasional dengan menjadikan wilayah tersebut dalam KSPN. Namun belum termasuk dalam prioritas 10 destinasi pariwisata nasional yang telah ditetapkan sebelumnya," katanya menjelaskan.

Zumi Zola berharap KSPN menjadi salah satu prioritas destinasi untuk tahun 2018 dengan keterpaduan program lintas sektor dan menjadi ikon Provinsi Jambi skala nasional dan internasional.

"Juga jika dimungkinkan didorong menjadi event yang terintegrasi dengan Tour De Singkarak-Kerinci ke depannya, sehingga kami bisa memperkenalkan potensi pariwisata dan budaya pada wilayah perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi," ujarnya pula.

Kabupaten Kerinci yang sudah menjadi branding pariwisata Jambi ini juga dekat dengan geopark atau taman bumi yang sudah berusia 350 tahun di Kabupaten Merangin, hanya 3 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat dari Kerinci.

"Jadi, sebetulnya Kerinci ini adalah posisi paling strategis untuk meng-connect semuanya," kata Zumi Zola menambahkan.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH