Kawanan ‘Kapak Merah’ Gasak Hotel Ritz, Gondol Perhiasan Rp 67 Miliar Ilustrasi kapak merah (Foto: pixabay.com)

MerahPutih.Com - Siapa bilang gerombolan perampok berkapak hanya ada di Indonesia? Perampok berkapak juga ternyata ada di luar negeri. Kawanan ‘kapak merah’ atau perampok bersenjata kapak, Rabu (10/1) menggasak sebuah tokoh perhiasan di Hotel Rizt, Paris.

Berdasarkan keterangan polisi setempat, perampok berkapak itu menggasak uang senilai Rp 67 miliar.

Lima orang melakukan serangan di hotel mewah di ibu kota Prancis tersebut menjelang larut malam. Tiga di antara mereka ditangkap, sementara dua lagi lolos dari kejaran polisi.

Tidak ada korban luka atau tewas.

"Kerugian sangat tinggi dan kami masih memeriksanya," kata sumber dari kepolisian. Polisi lain memperkirakan kerugiannya 5,38 juta dolar AS.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters Kamis (11/1), sebuah tas, yang ditemukan polisi, diduga berisi beberapa barang curian dari hotel tersebut.

Hotel Ritz pertama kali beroperasi pada 1898 dan merupakan hotel pertama di Paris yang menyediakan layanan listrik di seluruh lantai dan mempunyai kamar mandi pribadi di setiap kamar.

Ritz juga merupakan tempat favorit bagi penulis asal Amerika Serikat, Ernest Hemingway, bahkan menjadi rumah tinggal bagi desainer gaya Coco Chanel dan penulis Macel Proust.

Di hotel itu pula Diana, Putri Wales, menghabiskan malam terakhirnya pada 1997 sebelum terjadinya kecelakaan yang menewaskan dirinya bersama Dodi Fayed, anak laki-laki mantan pemilik hotel Ritz, Mohammed al-Fayed.

Perampokan bersenjata dengan sasaran toko perhiasan sering terjadi di kawasan mewah di dekat alun-alun Place Vendom di pusat kota Paris.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH