Katumbu Gola, Penganan Maknyus Adonan Jagung dari Pulau Muna Katumbu gola khas Pulau Muna. (Facebook/ mikarna.haryani)

JAGUNG adalah salah satu makanan pokok di luar nasi di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu kuliner tradisional berbahan dasar jagung beragam banyaknya. Bahkan, penganan berbahan dasar jagung tak hanya jadi kuliner keluarga, tapi juga dipasarkan dan terkenal ke luar daerah asalnya.

Salah satu olahan jagung yang bisa jadi referensi berkuliner tradisional kamu yaitu katumbu gola. Katumbu gola merupakan kuliner khas Sulawesi Tenggara, khususnya dari Kabupaten Muna Barat, di Pulau Muna.

Katumbu gola terdiri dari bahan utama jagung dengan campuran gula merah, gula putih, dan garam. Olahan katumbu gola tergolong sederhana. Soal rasa, katumbu gola sangat favorit masyarakat setempat. Katumbu gola biasanya dibuat saat panen jagung tiba.

Jagung rebus (kiri) dan katumbu gola penganan khas Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. (Facebook/ ija.waode)
Jagung rebus (kiri) dan katumbu gola penganan khas Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. (Facebook/ ija.waode)

Katumbu gola dibuat dengan jagung segar baru panen. Pilih beberapa buah jagung yang sudah tua. Jagung pertama-tama dilepaskan dari kulitnya. Pengupasaan jagung ini harus rapi agar bonggol tidak rusak. Sebab, nantinya akan digunakan sebagai pembungkus adonan.

Setelah dikupas, biji jagung dilepaskan dari bonggolnya. Biji jagung ini kemudian ditumbuk hingga hancur. Setelah halus, masukkan gula merah dan gula putih, dan sedikit garam. Campuran bahan dan bumbu kemudian diaduk dan ditumbuk kembali hingga menjadi adonan berubah cokelat merata.

Adonan jagung kemudian dimasukkan kembali padi kulit jagung menyerupai jagung yang belum dikupas. Setelah penuh kemudian dirapatkan. Sekilas katumbu gola tak bisa dibedakan dengan jagung biasa. Nanti setelah matang, perbedaannya pada warna. Jagung rebus putih, sedangkan katumbu gola berubah menjadi cokelat.

Cara masak katumbu gola yaitu dikukus. Periuk diisi air kemudian masukkan dengan jagung mentah seperti kita membuat jagung rebus. Di bagian atas yang tidak berair itu disusun katumbu gola mentah. Pengukusan katumba gola sekaligus perebusan jagung supaya aroma jagung tetap ada dalam katumbu gola.

Katumbu gola penganan khas Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. (Facebook/ fhilless.francesco.5)
Katumbu gola penganan khas Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. (Facebook/ fhilless.francesco.5)

Membuat katumbu gola mudah sehingga masyarakat setempat bisa membuatnya langsung di kebun.

Katumbu gola termasuk panganan menyehatkan. Makanan ini mengandung serat, vitamin B1, dan B 5. Di Muna, jagung merupakan makanan pokok selain beras. Tak heran masyarakat pulau ini punya olahan jagung yang sangat luar biasa maknyus.

Sekedar info, Pulau Muna terkenal dengan wisata pantainya di Sulawesi Tenggara. Pulau yang bertetangga dengan Pulau Buton ini pada umumnya daratan rendah dengan ketinggian rata-rata 100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pulau Muna terdiri terbagi dua kabupaten; Kabupaten Muna Barat dan Kabupaten Muna di sebelah utara. (zul)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner nusantara dalam artikel: 7 Bubur Ayam Khas Indonesia dari Berbagai Daerah

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH