Katsuru Beta, Robot Lukis Semiotomatis Pertama

KEMAJUAN teknologi menuntun manusia pada penciptaan berbagai gadget termutakhir. Terkini, Katsu, sebuah perusahaan asal New York yang bergerak di bidang seni dan teknologi, mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis robot berkemampuan melukis dengan kendali semiotomatis. Robot tersebut diberi nama Katsuru Beta. Penamaan itu dilekatkan karena produk itu merupakan yang pertama kali dibuat.

Tidak sendiri, Katsu bekerja sama dengan Tsuru Robotic, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang robotik dan pengembangan drone. Keduanya bekerja sama untuk menciptakan robot yang dapat membantu pekerjaan manusia, terutama dalam kegiatan mengecat tembok dengan ketinggian yang tidak dapat digapai manusia.

BACA JUGA: E-Scooter, Sepeda Motor Elektrik yang Lebih Ekonomis

Dengan kendali semi otomatis, setiap pengguna nantinya dapat mengendalikan drone tersebut secara manual, namun robot tersebut masih memiliki sensor software yang akan mendeteksi ruang sekitarnya, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan saat melakukan pengecatan.

katsuru beta
Akan amat membantu proses pengecatan di ketinggian. (foto: katsu)

Produknya ini juga merupakan representasi dari KATSU yang memang bergerak dibidang seni, terutama grafiti. Sehingga, selain akan membantu pekerjaan KATSU dalam mengerjakan proyek grafiti, drone ini akan membantu masyarakat lain yang ingin membuat grafiti dengan bantuan robot.

Drone ini dapat mendeteksi ketinggian berpuluh-puluh meter dengan kapasitas baterai mencapai 10 menit terbang. Drone ini sendiri menggunakan cat kalengan semprot sebagai bahan dasar untuk melukisnya. Walapun saat ini drone tersebut tidak memiliki kamera sebagai alat bantu untuk melukis, Katsu akan mengembangkan drone mereka pada 2020 yang diberikan paket kamera sebagai alat bantu.

Selain itu, nantinya drone tersebut akan 100% menggunakan sistem otomatis dan hanya akan menggunakan peranti lunak dan sensor dari drone tersebut untuk melukis. Katsuru Beta sudah dapat dipesan di awal hingga 1 Januari 2020.(jhn)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH