Katedral Notre Dame Jadi Cameo dalam Beberapa Film Beberapa film yang syutingnya berlokasi di Notre Dame. (Foto: notredamecathedralparis.com)

KEBAKARAN yang terjadi di Katedral Notre Dame Paris sungguh memprihatinkan. Padahal katedral ini punya sejarah yang luar biasa. Ditambah dengan bangunannya yang mengagumkan membuat banyak wisatawan menjadikan Notre Dame sebagai salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika mengunjungi di Prancis. Selain jadi tempat wisata, Notre Dame ini sering menjadi tempat syuting film. Film apa saja ya yang direkam di Notre Dame?

1. Charade (1936)

notre dame
Charade mempunyai satu adegan yang bagian belakangnya dihiasi dengan bangunan Notre Dame (Foto: thewrap.com)

Charade adalah film komedi misteri sekaligus romantis dari Amerika Serikat. Film yang disutradarai oleh Stanley Donen ini diperankan oleh Cary Grant dan Audrey Hepburn. Charade mengisahkan seorang janda yang diincar oleh sekelompok penjahat yang menginginkan harta suaminya. Nah, di salah satu adegan dalam film tersebut diperlihatkan Audrey Hepburn dan Cary Grant yang sedang berjalan di depan katedral Notre Dame. Mereka sedang berbincang tentang pembunuh suaminya. Dan bangunan khas Notre Dame menghiasi latar belakang adegan tersebut.

2. The Hunchback of Notre Dame (1996)

notre dame
Film animasi The Hunchback of Notre Dame dibuat di katedral Notre Dame (Foto: imdb.com)

Film garapan Disney ini menceritakan tentang seorang manusia bungkuk bernama Quasimodo yang tinggal di menara lonceng Notre Dame. Ia tidak pernah keluar dari sana karena takut dianggap aneh oleh masyarakat. Walaupun terkesan gelap, film Disney ini tetap menonjolkan hal-hal indah khas Disney. Bangunan Notre Dame dalam film animasi ini terlihat sangat jelas karena Quasimodo memang tinggal di atas sana.

3. Amelie (2001)

notre dame
Amelie kecil sering pergi ke Notre Dame bersama ibunya (Foto: sites.psu.edu)

Amelie menceritakan tentang seorang perempuan bernama Amelie. Ia merupakan seorang pelayan restoran dengan kepribadian yang sangat unik. Suatu hari ia menemukan kotak harta karun dan ingin mengembalikannya. Butuh perjuangan, namun akhirnya ia berhasil memberi kotak tersebut kepada pemiliknya. Sejak itu, ia bertekad untuk membantu orang-orang disekitarnya dengan cara yang sangat unik. Ada adegan dalam film tersebut ketika Amelia mengunjungi katedral Notre Dame setiap hari untuk memohon adik laki-laki. Suatu hari, seorang turis melompat dari atap dan membunuh ibunya.

4. Van Helsing (2004)

notre dame
Adegan ketika Van Helsing berkelahi dengan Dr Jykell di atas Notre Dame (Foto: thewrap.com)

Pembunuh vampir dan monster Van Helsing juga pernah syuting di gedung terkenal ini. Dalam adegan tersebut, Van Helsing bertarung melawan Dr. Jekyll di atas puncak katedral Notre Dame. Van Helsing bercerita tentang pemburu vampir bernama Van Helsing. Ia dan rekannya mencoba untuk membunuh Drakula. Di adegan ini kamu akan melihat kemegahan Notre Dame di malam hari.

5. Before Sunset (2007)

notre dame
Dalam adegan tersebut mereka mengatakan bahwa Notre Dame akan hilang suatu hari nanti (Foto Instagram@flmatic)

Seri kedua dari trilogi film Before ini menceritakan tentang sepasang kekasih. Di film pertama yaitu Before Sunrise, seorang perempuan bernama Celine bertemu dengan seorang laki-laki bernama Jesse. Mereka memulai petualangannya mengelilingi kota. Di film keduanya, Celine dan Jesse sedang berada di atas perahu yang melaju di Sungai Seine. Kemudian mereka melihat katedral Notre Dame dari atas kapal. Saat itu, Jesse menceritaan tentang prajurit Jerman yang disuruh membakar katedral pada saat Perang Dunia II. Mengherankannya, dalam adegan tersebut ada kalimat yang mengatakan bahwa Notre Dame akan hilang suatu hari nanti. Seolah memprediksi kebakaran Notre Dame kemarin.

6. Midnight in Paris (2011)

notre dame
Di film Midnight in Paris diperlihatkan adegan ketika Gil sedang duduk di depan Notre Dame (Foto: thewrap.com)

Midnight in Paris berkisah tentang penulis bernama Gil yang sedang berlibur ke Paris bersama kekasihnya. Suatu hari, ketika sedang menikmati malam di Paris ia bertemu dengan seseorang yang membawanya ke masa lalu. Sejak itu, ia sering melakukan perjalanan waktu dan mendapatkan makna dari kehidupannya. Nah, dalam satu adegan diperlihatkan Gil yang sedang bersama tour guidenya sedang duduk di depan katedral Notre Dame. Dari situ, penonton bisa melihat jendela-jendela besar Notre Dame yang berdiri dengan anggunnya. (sam)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH