Kate Middleton Memakai Kalung Berlian Mewah Pemberian Raja Lain, Ada Kisah Apa di Baliknya? Kate Middleton mengenakan kalung Nizam of Hyderabad. (foto: blouinartinfo.com)

SEBAGAI seorang anggota Kerajaan Inggris, Kate Middleton bisa memilih berbagai perhiasan mewah nan indah dari koleksi kerajaan. Namun, dalam sebuah kesempatan, Middleton malah terlihat mengenakan kalung berlian mewah yang diketahui merupakan pemberian raja dari negeri lain.

Ada kisah apa di balik kalung istimewa itu?

Kalung indah berbahan platina dengan taburan berlian itu ternyata punya kisah panjang dan menakjubkan. Tak seperti perhiasan yang masuk koleksi kerajaan, kalung ini sepesial menjadi milik Sang Ratu.

Bentuk dan keindahan kalung ini mencerminkan selera pribadi Elizabeth muda. Jika perhiasan dan pakaiannya selama ini lebih untuk tugas dan bukan pilihan personal, beda halnya dengan kalung ini. Sang Ratu memilih sendiri kalung yang diberi nama Nizam of Hyderabad ini.

nizam of hyderabad necklace
Kate Middleton mengenakan kalung Nizam of Hyderabad pada acara National Portrait Gallery pada 2014. (foto: Twitter @britishroyals)

Kalung Nizam of Hyderabad terlihat amat beda dan mencolok jika dibandingkan dengan perhiasan lain yang jadi koleksi kerajaan. Bentuknya panjang dan berat. Sesuai namanya, kalung ini merupakan hadiah dari Nizam Hiderabad, Asaf Jah VII.

Ratu Elizabeth memilih sendiri perhiasan ini dari koleksi perhiasan Cartier setelah Sang Nizam memerintahkan pembuat perhiasan asal Prancis itu menyediakan apa pun yang diingkan Sang Ratu.

Pilihan Ratu jatuh pada kalung yang berhiaskan 12 berlian berbentuk emerald dengan berlian berbentuk pear yang menggantung. Keindahannya masih dilengkapi dengan tali yang melingkari leher. Tak sembarang tali. Ada 38 berlian yang menghiasi tali itu.


Tiara yang tak Kalah Kontroversial

burmese ruby tiara
Burmese Ruby Tiara yang terbuat dari tiara Nizam of Hyderabad. (foto: the court jeweller)


Kalung ini pun dilengkapi sebuah tiara yang serasi. Terbuat dari platina, tiara tersebut bermotif daun dan bunga-bunga. Ada bros tiga mawar di tiara tersebut.

Meskipun tiara itu merupakan pilihan selera pribadi, Sang Ratu lama-kelamaan merasa bosan. Ia kemudian 'membongkar' tiara tersebut dan menggunakan bagiannya untuk membuat Burmese Ruby Tiara. Namun, hingga kini, Ratu masih menyimpan bros tiga mawar dari tiara tersebut.

Tiara itu mungkin sudah berubah bentuk. Namun, kisahnya masih tetap menakjubkan. Bahkan cenderung menjadi kontroversial. Dalam makan malam kenagaraan dalam rangka kunjungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, baru-baru ini, Ratu Elizabeth mengenakan Burmese Ruby Tiara tersebut.

Sekilas, itu mungkin terlihat biasa. Asal kamu tahu, tiara itu terbuat dari 96 rubi yang dihadiahkan warga Burma kepada Ratu di hari pernikahannya. Batu-batu itu dipercaya sebagai penolak bala, pengusir setan, dan penghalau penyakit.

Jadi, ketika Ratu mengenakan tiara itu untuk bertemu Trump, warganet pun heboh berteori bahwa mungkin saja, Ratu Elizabeth tengah menghalau bala yang datang kepadanya. Ehm, benarkah?(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH