Katapel Creative Intellectual Property, Jembatan antara Kreator dan Investor

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 03 Mei 2019
Katapel Creative Intellectual Property, Jembatan antara Kreator dan Investor
Kreator lokal mempromosikan diri dalam ajang Katapel Creative. (foto: MP/Iqbal)

DALAM usaha membantu para pelaku ekonomi kreatif (ekraf), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) membuat acara Katapel Creative Intellectual Property kloter kedua. Acara yang diselenggarakan pada 2 Mei 2019 di Satoo Garden Shangri-la, Jakarta, ini merupakan sebuah pengiklanan untuk para ekraf dengan Intellectual Property (IP) yang mereka miliki kepada calon 'potential investors' dan 'license buyers'.

Dalam acara ini, Bekraf memperkenalan 20 IP yang akan mempresentasikan karya mereka. Dari total 100 IP yang mendaftar, hanya terpilih 20 IP terbaik untuk bisa tampil di acara 'demo day' kloter kedua ini. Lima IP terbaik yang terpilih dari 20 IP tersebut, akan dikirim untuk menghadiri event internasional China Licensing Expo 2019 di Shanghai nanti.

triawan munaf
Triawan Munaf menyebut ajang Katapel sebagai ruang promosi kreator lokal. (foto: MP/Iqbal)

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan pihaknya punya alasan kuat untuk menyelenggarakan ajang ini. "Katapel merupakan ruang yang sangat tepat untuk para kreator lokal yang nantinya akan menjadi para pelaku ekonomi kreatif. Sebagaimana Katapel juga menjadi wadah untuk mereka dalam mempromosikan produk, tidak hanya untuk umum, tapi juga kepada para investor," ujar Triawan.

Ia lalu menyebut film Frozen sebagai contoh. Film Disney tersebut hanya meraih pendapatan sedikit di atas US$1 juta, tapi penjualan produknya mencapai lebih dari US$9 juta. "Jadi IP bisa menjadi kekuatan bagi para kreator untuk mencari peluang bisnis sebesar mungkin. Baik itu film atau merchandise," imbuh Triawan.

Acara Katapel Creative Intellectual Property kloter kedua menghadirkan 20 IP Tanah Air. Dari jumlah itu, 5 IP terbaik dipilih untuk mendapatkan bimbingan pengembangan produk kreatif selama satu tahun. Mereka juga mengikuti ajang China Expo. Mereka ialah Mint-Chan, Gugug!, Ghosty Comic, Manguni Squad, dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).(iql)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan