Kata Menkes Soal 7 WNI yang Enggak ikut Evakuasi ke Natuna Petugas medis menyemprotkan cairan disinfektan pada Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China setibanya tiba di Pangkalan Udara Raden Sajad, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). (ANTARA FOT

Merahputih.com - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menjelaskan bahwa ada 7 orang WNI tak ikut evakuasi dari Wuhan, Tiongkok ke Indonesia.

Karena berdasarkan data Kemenkes, rencananya WNI yang dievakuasi sebanyak 245 orang. Namun, setibanya di Indoneisa, WNI yang dievakuasi hanya 238 orang.

Baca Juga:

Pemerintah Diminta 'Putus Hubungan' Dengan Tiongkok Demi Cegah Virus Korona

4 orang menyatakan diri tidak mau berangkat karena merasa lebih nyaman di Tiongkok. Mereka yang urung berangkat itu telah membuat pernyataan tidak ingin berangkat bersama WNI lainnya ke Tanah Air.

"Dia lebih kerasan, meskipun kita sudah tawarkan semua," kata Terawan, di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2).

Sementara, 3 orang dinyatakan tidak lolos pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah Tiongkok.

Menkes Terawan Agus Putranto pastikan tidak ada penderita virus corona di Indonesia (Foto: antaranews)

Pemerintah Tiongkok melakukan 3 rangkaian tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui WNI untuk dapat meninggalkan Tiongkok.

"Dan itu membuat kita merasa nyaman bahwa yang berangkat ke sini sudah dipastikan pemerintah Tiongkok adalah orang sehat," kata dia.

Baca Juga:

Waspadai Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Solo Pasang Thermal Scanner

Namun, sesuai peraturan, maka setelah mendarat di Indonesia, Kementerian Kesehatan harus memastikan kembali.

"Setelah mendarat di sini, saya yang memastikan sehat betul atau tidak, standar sama atau tidak, itu kegiatan cek dan ricek sesuai standar WHO," kata dia. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH