Kata Jokowi Soal Penambahan Wakil Menteri Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah pejabat memberikan keterangan pers di TMP Kalibata Jaksel, Minggu (10/11/2019) (Agus Salim)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan belum ada rencana penambahan wakil menteri (wamen) pada Kabinet Indonesia Maju.

"Belum (penambahan wakil menteri)," kata Jokowi usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11).

Baca Juga

Jabatan Wakil Menteri Tak Lebih Dari Upaya Bagi-Bagi Kue Kekuasaan

Sementara itu, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan penambahan wamen menyesuaikan dengan Peraturan Presiden (Perpres) yang telah diteken.

Adapun dua Perpres yang telah diteken Presiden yakni Perpres Nomor 72 Tahun 2019 terkait jabatan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Perpres Nomor 66 Tahun 2019 terkait jabatan Wakil Panglima TNI.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 di TMP Jakarta, Minggu (10/11). Foto: MP/Ponco
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 di TMP Jakarta, Minggu (10/11). Foto: MP/Ponco

"Yang baru ada Perpresnya saja, kan baru Kemendikbud ya. Sempet dibicarakan Perpres 66 kalau enggak salah tahun 2019, terus soal Wakil Panglima TNI, (Perpres) 72 2019," ujar Fadjroel.

Baca Juga

Pengangkatan Wakil Menteri Dianggap Inkonsistensi Presiden Jokowi

Menurut Fadjroel, kursi wakil menteri yang belum diterbitkan di dalam Perpres belum dibicarakan oleh Jokowi hingga saat ini. Pun soal kapan batas waktu penambahan wamen tersebut.

"Hak prerogatif presiden mengenai orang, mengenai kapan, itu Pak Presiden yang akan menentukan tetapi dari Mensesneg yang akan memprosesnya," kata Fadjroel.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan rencana Jokowi menambah enam wamen. Namun, Moeldoko tak merinci pos-pos kementerian yang akan diisi wamen.

Baca Juga

Penempatan Posisi Wakil Menteri di Kabinet Jokowi Terkesan Asal-asalan

"Ada enam lagi rencana. Rencana. Tapi saya belum saya pastikan," kata Moeldoko usai Rapat Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia di Jakarta, Sabtu (9/11). (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH